Kampus Perlu Cetak SDM untuk Bengkel Pesawat Terbang

Infokampus.news – Kurangnya jumlah sumber daya manusia (SDM) yang handal untuk pemeliharaan pesawat terbang serta minimnya bengkel pesawat terbang masih menjadi persoalan di Indonesia. Peran kampus menjadi krusial, terutama di sektor pendidikan vokasi.

Oleh sebab itu, sekolah vokasi Universitas Gadjah mada (UGM) berupaya mempercepat pembentukan konsentrasi Maintenance Repair and Overhaul (MRO) pesawat terbang di bawah program studi (prodi) Diploma IV (D-IV) Teknik Pengelolaan dan Perawatan Alat Berat. Sebagai langkah awal, UGM melakukan pemetaan kebutuhan SDM dengan mengunjungi PT Garuda Maintenance Facility (GMF).

“Ke depannya pesawat-pesawat terbang Indonesia tidak perlu ke luar negeri untuk keperluan pemeliharaan pesawat, melainkan bisa di negara kita sendiri,” ungkap Pelaksana Tugas Wakil Dekan Bidang Kerja Sama dan Perencanaan Strategis Sekolah Vokasi UGM, Radhian Krisnaputra, dinukil dari laman UGM, Selasa (10/1/2016).

Dia menjelaskan, penambahan konsentrasi MRO di D-IV Teknik Pengelolaan dan Perawatan Alat Berat SV UGM diharapkan bisa menghasilkan lulusan yang berkompeten dan profesional untuk instansi atau perusahaan yang terkait dengan SDM dalam perawatan pesawat. Saat ini, Sekolah Vokasi UGM sendiri menjadi institusi pendidikan ke-10 yang dibina oleh PT GMF.

“Lulusan nantinya bisa diakui secara nasional dan internasional, serta dipandang sebagai salah satu pusat pendidikan terapan di bidang pemeliharaan pesawat terbang yang mampu bersaing, mandiri, dan profesional,” tukasnya. (FAM)

 

Sumber: UGM

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mahasiswa Undiksha Kembangkan Mobil Listrik Ganesha Shakti

Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, Bali, mengembangkan mobil listrik Ganesha Shakti guna mendukung program Bali...

Close