1 Jam Lagi! Siapkan Dirimu Hadapi Pengumuman SBMPTN 2019

Infokampus.news – Pengumuman Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi  Negeri  (SBMPTN) 2019 akan dibuka serentak pada hari ini, selasa 9 Juli 2019 pukul 15.00. Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi yang merupakan penyelenggara SBMPTN menuturkan bahwa  informasi pengumuman ini dapat  dilihat  secara online di situs remi SBMPTN sejak pukul 15.00.

SBMPTN sendiri merupakan salah satu jalur masuk perguruan tinggi dengan jalur tes tulis. Sebelum adanya jalur SBMPTN, sudah ada jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) yang didasarkan atas prestasi akademik dan nilai rapor SMA. Sedangkan peserta dari SBMPTN merupakan calon mahasiswa yang tidak lolos dalam  SNMPTN. Hal inilah yang menjadi perbedaan dari kedua jalur tersebut. Pendaftaran SBMPTN sendiri sudah mulai dibuka pada tanggal 10 Juni lalu.

Berbeda dengan tes SBMPTN pada tahun sebelumnya yang hanya diberi satu kali kesempatan untuk mengikuti tes,  pada tahun ini peserta SBMPTN  diberikan kesempatan sebanyak dua kali.  Hasil dari kedua skor tes ini kemudian akan dipilih nilai tertinggi untuk didaftarkan SBMPTN.

Baca Juga :  Indonesia Harus Bersiap Hadapi Bencana Demografi

Peserta SBMPTN pada tahun 2019 ini yang mengikuti Ujian Tulis Berbasi Komputer (UTBK) sebanyak 714.471 orang. Untuk peserta tes program studi sain dan teknologi (saintek) sebanyak 360.329 orang, lalu untuk program studi sosial dan hukum (soshum) sebanyak 345.895 dan sisanya yang merupakan peserta tes campuran (saintek dan soshum) sebanyak 8.247 orang.

Setelah mengikuti tes dan pendaftaran SBMPTN, peserta akan memperebutkan kursi di 85 perguruan tinggi negeri di Indonesia. Adapun perguruan tinggi negeri yang paling bayak diminati peserta SBMPTN tahun ini yakni :

  1. Universitas Indonesia sebanyak 52.591 peserta
  2. Universitas Gadjah Mada sebanyak 46.095 peserta
  3. Universitas Padjajaran sebanyak 44.138 peserta
  4. Universitas Brawijaya sebanyak 36.468 peserta
  5. Universitas Hasanudin sebanyak 35.253 peserta

Bagi para peserta SBMPTN yang dinyatakan lolos selanjutnya akan melakukan registrasi atau daftar ulang sesuai dengan kebijakan masing-masing perguruan tinggi negeri. Dan bagi para peserta yang dinyatakan tidak lolos SBMPT dapat mengikuti seleksi mandiri dari setiap perguruan tinggi. (Sil)

 

Editor : Syelawati Saputri

Baca Juga :  PSM Unisma Kembali Torehkan Prestasi di Ajang Internasional

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *