Ini, 10 Fakta Menarik Pimnas 2016!

Infokampus.news – Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2016 ke- 29 secara resmi dibuka oleh Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Prof. Mohamad Nasir, Ph.D.,Ak.,  pada hari Senin (8/8/2016) di Graha Widya Wisuda Institut Pertanian Bogor (IPB).

Ajang yang diharapkan dapat menjadi forum ilmiah dan komunikasi produk kreasi serta sarana silaturahmi antarmahasiswa di Indonesia ini pun menghasilkan beberapa fakta menarik yang patut diketahui. Berikut 10 fakta menarik  ajang Pimnas 2016!

1. Mekanisme Baru

Pengumuman lolos PIMNAS 2016 menggunakan mekanisme baru yang bersifat “rahasia”. Artinya, hanya perguruan tinggi terkait yang mengetahui peserta lolos PIMNAS untuk diinfokan ke mahasiswanya. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang bisa langsung diketahui publik melalui situs resmi Dikti.

2. Kampus Tercepat

Universitas Brawijaya (UB) menjadi kampus pertama dan tercepat yang mengumumkan peserta lolos PIMNAS dengan mekanisme baru ini.

3. Jumlah Peserta

PIMNAS ke-29 tahun 2016 diikuti sebanyak 145 perguruan tinggi di seluruh Indonesia yang dinyatakan lolos sebagai peserta. Baik universitas, institut, maupun sekolah tinggi dari negeri maupun swasta.

Baca Juga:

4. Bilangan Unik

Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil memimpin jumlah tim yang lolos PIMNAS. Uniknya, bilangan jumlah tim UGM yang lolos kali ini sama dengan bilangan edisi PIMNAS yang akan digelar, sama-sama bilangan angka “29” (29 tim UGM – PIMNAS ke-29).

5. Tiga Besar

Posisi 3 besar didominasi oleh kampus yang sudah meraih juara PIMNAS dua tahun sebelumnya UGM (Juara PIMNAS 27 Undip tahun 2014) di posisi 1 dan UB (Juara PIMNAS 28 di Halu Oleo tahun 2015) di posisi 2. UM menjadi satu-satunya kampus yang belum memegang predikat juara PIMNAS dalam posisi 3 besar tersebut.

6. Kuda Hitam

Universitas Negeri Malang (UM) menjadi kampus yang mengalami peningkatan signifikan dengan 23 tim lolos dan berhak atas tempat ke-3 sehingga cukup beralasan jika UM menjadi “kuda hitam” dalam ajang PIMNAS 2016 ini. Ada yang bilang UM “kecipratan” suksesnya UB. Terlebih UM sama-sama dari Malang dan tetangganya UB.

7. Persaingan Ketat

Peta persaingan di “Top 6” atau enam besar terbilang sengit dari jumlah tim. Margin terbesar hanya berselisih 4 tim. Dari urutan 1-6 yakni UGM (29 tim), UB (27 tim), UM (23 tim), Undip (22 tim), IPB (21 tim), Unair (20 tim). Dengan tipisnya perbedaan jumlah tim ini, persaingan menuju gelar juara PIMNAS 2016 diprediksi kian ketat.

8. Dominasi Kampus Jawa

Perguruan Tinggi di Pulau Jawa menyapu bersih dominasi di 10 besar. Mereka adalah UGM (29 tim), UB (27 tim), UM (23 tim), Undip (22 tim), IPB (21 tim), Unair (20 tim), ITS (15 tim), UNS (13 tim), UNY (12 tim) dan UI (12 tim). Uniknya lagi mereka semua berstatus sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Belum ada satu pun wakil Perguruan Tinggi dari luar Pulau Jawa yang mampu menembus 10 besar jumlah tim lolos PIMNAS 2016 ini, baik negeri (PTN) maupun swasta (PTS).

9. Terbaik Di Luar Jawa

Universitas Riau menjadi kampus pertama di luar Pulau Jawa yang memperoleh posisi terbaik diantara perguruan tinggi di Jawa yang mendominasi posisi papan atas jumlah tim. Universitas Riau berada di posisi 16 dari total 145 peserta.

10. Persiapan Singkat

Jarak antara pengumuman lolos dengan hari pembukaan PIMNAS ke-29 di IPB hanya berselang 2 pekan. Ini tergolong waktu yang singkat (bahkan mepet) sehingga peserta perguruan tinggi dari penjuru Indonesia harus sesegera mungkin mempersiapkan segalanya untuk berlaga dipanggung kompetisi yang sebenarnya. Baik presentasi, seragam delegasi, akomodasi, dan sebagainya.

Itulah 10 fakta unik seputar pengumuman PIMNAS ke-29 IPB tahun 2016. Semoga menambah wawasan seputar PIMNAS. Selamat berjuang para kreator dan inovator terbaik negeri. Layak dinanti siapakah yang akan menjadi Juara Umum PIMNAS 2016 dan membawa pulang Piala Adhikarta Kertawidya dari Kota Hujan. (FA)

 

Sumber: Kampusundip

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pimnas Jadi Muara Kreativitas dan Inovasi Mahasiswa

Ajang forum ilmiah dan komunikasi serta sarana silaturahmi antarmahasiwa di Indonesia ini menjadi muara kreativitas dan inovasi anak bangsa.

Close