1000 Mahasiswa UB Pecahkan Rekor Dunia dengan Melukis Wayang Krucil!

Infokampus.news, Malang – 1000 mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) Malang hari ini memadati Gedung Gor Pertamina UB untuk mencetak rekor terbaru dunia yaitu melukis wayang krucil terbanyak di dunia. Sebanyak 1100 wayang krucil, atau wayang yang terbuat dari kayu hari ini dilukis beramai ramai oleh para mahasiswa dari berbagai jurusan ini.

“Hari ini kita mengambil 79 karakter wayang dengan banyak tokoh tokohnya kita mengambil seperti Damar Wulan, Layang Seto, Kencono Wungu, Layang Kumitir. Tapi ini hanya tokoh saja ya,” ujar Ika Adita Silviandari, Dosen Prodi Psikologi yang merupakan koordinator pemecahan rekor MURI ini.

Ia juga menuturkan alasan dibalik pengambilan wayang krucil sebagai obyek mencetak rekor, karena tim panitia ingin agar wayang ini diketahui masyarakat luas sebagai warisan budaya. Apalagi wayang ini baru saja mendapatkan penghargaan dan diakui kemendikbud.

“Wayang Krucil ini biasa dipentaskan di Gondowangi, kabupaten Malang.15 September lalu wayang krucil ini mendapatkan penghargaan dari Kemendkkbud sebagai warisan budaya tak benda,” paparnya.

Identitas Budaya Malang Raya, Mahasiswa Harus Tau dan Mengenal

Dalam proses pelukisan yang berlangsung selama 2 jam ini ia harap bisa menjadi ajang belajar dan memahami budaya oleh para mahasiswa UB.

“Ini kan sebagai salah satu warisan budaya yang kota gunakan untuk identitas Kabupaten Malang. Jadi kita harus tau, nah nanti ada pertunjukkan wayang juga,” tuturnya.

Setelah semua prosesi pelukisan dan pencetakan rekor selesai dilakukan, pada acara selanjutnya adalah pertunjukan wayang krucil oleh dalang yang didatangkan dari daerah wayang ini berasal.

“Nanti ada pemetasan wayang krucul dengan mendatanglan langsung seniman-seniman dari Gondowangi. Agar mahasiswa mengetahui seperti apa sih wayang krucil itu dalam pementasan, jadi tidak hanya tau wayang kulit dan golek saja,” pungkasnya. (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rektor UNISMA: Jujur Harus Ditanam Dari Hal Paling Kecil

Sebanyak 314 orang dosen terdaftar mengikuti seminar yang digelar Universitas Islam Malang (UNISMA) hari ini. Seminar ini disambut dan dibuka...

Close