146 Sekolah Industri Akan Dibangun, Mendikbud Inginkan Anak Bangsa Bangun Negeri

Infokampus.news – Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam, namun hal ini belum diimbangi oleh sumber daya manusia yang sepadan untuk mengelola hasil bumi negeri ini. Padahal justru disinilah peluang Indonesia untuk mengeksplorasi dan mengelola hasil bumi dengan baik.

“Sebenarnya harta kita itu ada pada sumber daya alam yang melimpah namun kekurangan orang yang tepat untuk mengolahnya,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) M. Muhadjir Effendi.

Dengan sumber daya alam yang ada, Mendikbud menyebut ada empat bidang pekerjaan yang diprediksi akan berkembang pesat, yaitu industri pariwisata, pertanian dan ketahanan pangan, maritim dan ekonomi kreatif. Keempat pilar utama inilah harus dibangun bersama.

146 Sekolah Industri akan Dikembangkan

Rencananya Kemendikbud akan membuat 146 sekolah untuk mewujudkan generasi terampil guna mengeksplorasi dan memanfaatkan sumber daya alam tersebut khusunya di empat pilar yang potensial tersebut. Mendikbud mengaku telah menyiapkan tenaga pengajar yang memiliki keahlian di bidang masing-masing.

“Tenaga pengajarnya kami siapkan para ahli atau teknisi di bidang itu, dan kami bekali dengan keahlian mengajar. Kita ambil tenaga yang sudah ada saja, misal untuk bidang maritim kita ambilkan saja alumni di bidang itu sebagai tenaga pendidiknya,” jelasnya.

Ia berharap dengan adanya sekolah sekolah ini, nantinya para siswa mampu mengembangkan potensi di berbagai wilayah Indonesia yang masih banyak tertinggal.

Penulis : Irma Puspita
Editor : Galuh Pandu Larasati

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Atasi Krisis Pangan Lewat Microbubbles Technology, Mahasiswa UGM Juara Dunia

Inovasi teknologi karya mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil menjadi pemenang pertama dalam ajang World of Food Innovation Challenge di...

Close