150 Akademisi dan Peneliti Hadiri Konferensi AIC-ICMSA 2016

Infokampus.news – Sebanyak 150 akademisi dan peneliti dari dalam dan luar negeri melakukan presentasi karya ilmiahnya pada dua konferensi internasional di kampus Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Banda Aceh, Selasa (4/10/2016). Pertemuan tersebut mengundang peneliti dari 10 negara.

Dua konferensi yang dilaksanakan ialah Konferensi Internasional Tahunan atau Annual International Conference (AIC) Unsyiah ke-8 dan Konferensi International Ilmu Matematika, Statisika dan Aplikasinya, atau dikenal International Conference on Mathematics, Statistics and their Applications (ICMSA) ke 12.

Baca Juga:

“Kita harapkan dengan adanya konferensi ini, akan ada penelitian bersama antar para peneliti dan juga dapat melakukan kuliah bersama antar universitas, atau kuliah dengan menggunakan fasilitas teknologi informasi atau video conference,” ungkap Rektor Unsyiah Prof. Samsul Rizal, Selasa (4/10/2016).

Ia menambahkan, terserlenggaranya konferensi internasional AIC-ICMSA 2016 ini diharapkan mampu memperkuat kerjasama jejaring universitas dalam membangun paradigma baru perguruan tinggi yang tidak hanya sebagai tempat belajar tetapi juga menjadi pusat unggulan untuk inovasi pengetahuan dan riset serta sebagai academic enterprise.

Dikatakannya, Unsyiah sebagai salah satu kampus terbaik di Indonesia, dapat menjadi pusat peradaban untuk transformasi masyarakat dan menjadi partner global bagi pengembangan sosial, ekonomi, budaya, dan lingkungan.

Sementara itu, menurut Ketua Panitia AIC-ICMSA 2016, Syaifullah Muhammad menjelaskan, maksud diselenggarakannya pertemuan ilmiah ini dalam konteks Aceh adalah karena Unsyiah atau Darussalam merupakan “jantung hati” masyarakat.

“Di sinilah urgensi konferensi ini. Dimana ilmu dibangun, didiskusikan, diuji, disebarkan, dan diterapkan untuk masyarakat dan bangsa kita,” katanya.

Selain melibatkan para ilmuan dari 10 negara, juga akan menghadirkan enam pakar sebagai pembicara kunci yang diundang dari Australia, Kanada, Thailand, Malaysia dan Indonesia.

Panitia konferensi juga menggelar berbagai acara, seperti expo atau pameran inovasi, kompetisi inovasi mahasiswa, bursa buku, workshop komunikasi, kuliah umum, pertunjukan seni dan tour wisata Banda Aceh dan Sabang. (FA)

 

Sumber: Harianaceh

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Waspada, Ini Nih Tanda – Tanda Beasiswa Palsu!

Pernahkah Anda mencari tahu bahwa tidak semua beasiswa tersebut benar adanya. Alias scam atau beasiswa palsu.

Close