20 Fakta Kebahagiaan Menurut Harvard University

Pernahkah kamu bertanya-tanya mengapa beberapa orang tampaknya lebih bahagia daripada yang lain? Mengapa kamu tidak bahagia seperti yang kamu inginkan? Mungkin kamu sudah mengatakan kepada diri sendiri, “Jika saya punya pekerjaan itu, saya akan senang.” Atau “Jika saya dengan orang itu, maka saya akan senang.”

Formula diatas tidak bekerja. Bahkan, penemuan terbaru dalam bidang psikologi dan neuroscience menunjukkan bahwa formula dibawah sebenarnya membuat pesimis: “Kebahagiaan bahan bakar sukses, bukan sebaliknya. Ketika senang, otak kita lebih termotivasi, terlibat, kreatif, energik, tangguh dan produktif.”

Ini berarti ketika senang, kita lebih cenderung untuk mendapatkan apa yang kita inginkan dalam hidup – apakah itu calon pekerjaan, pasangan ideal kita, atau hal lainnya yang indah kita inginkan?

Jadi bagaimana Kamu bisa lebih bahagia?

20 fakta kebahagiaan menurut Harvard University akan membuat kamu merasa lebih bahagia, dijamin! Let’s check this one out:

  1. Pelan-pelan, lihat di sekitar Anda, dan perhatikan detail kecil dalam hidupmu – bunga berwarna ungu di trotoar, matahari terbenam yang indah, mandi air panas yang menyapu hari panjang Anda, dan senyum di mata pasangan Anda …
    Bila kamu memiliki hati penuh syukur yang menghargai indahnya hidup, kamu secara otomatis diisi dengan kebahagiaan.
  2. Pilihlah teman-teman Anda dengan bijaksana. Menurut Harvard, faktor eksternal paling penting yang mempengaruhi kebahagiaan individu hubungan manusia. Jadi jika kamu ingin bahagia, pilih untuk berada di sekitar orang-orang yang optimis, yang menghargai kamu sebagai dirimu, dan yang dapat membuat hidupmu lebih kaya, lebih besar, lebih menyenangkan, dan lebih bermakna.
  3. Memupuk kasih sayang. Ketika kita mencoba untuk masuk ke pikiran orang lain dan memahami situasi dari perspektif mereka, kita lebih cenderung untuk menangani situasi dengan kasih sayang, objektivitas dan efektivitas. Akan ada lebih sedikit konflik dan lebih banyak kebahagiaan.
  4. Terus belajar. Belajar membuat kita muda dan mimpi kita tetap hidup. Ketika kita terlibat dengan otak dan menempatkan mereka ke arah penggunaan produktif, kita cenderung tidak memikirkan paksaan untuk bahagia namun lebih mungkin untuk merasa bahagia dan puas dengan sendirinya.
  5. Menjadi seorang pemecah masalah. Orang-orang bahagia adalah pemecah masalah. Ketika mereka menghadapi tantangan dalam hidup, mereka tidak terlalu membebani diri dan jatuh ke dalam keadaan depresi. Sebaliknya, mereka menghadapi tantangan dan menyalurkan energi mereka ke arah menemukan kreatif solusi. Dengan menjadi pemecah masalah, kamu akan membangun rasa percaya diri dan kemampuan Anda untuk mencapai apa pun yang ingin dicapai. Hasil? Kamu akan memiliki lebih banyak kebahagiaan dalam hidup Anda.
  6. Lakukan apa yang Anda cintai. Karena kita menghabiskan lebih dari sepertiga untuk kerja di kehidupan dewasa kita, mencintai apa yang kita lakukan memiliki dampak besar pada kebahagiaan kita secara keseluruhan. Berkat terbesar kehidupan jika menemukan pekerjaan yang kita Jika belum menemukan, coba untuk temukan kenikmatan dan makna dalam pekerjaan kamu tekuni, atau tumbuhkan hobi tersendiri dalam pekerjaanmu.
  7. Hidup di masa sekarang. Ketika kamu merasa tertekan, maka kamu hidup di masa lalu. Ketika kamu merasa khawatir atau cemas, kamu tinggal di masa depan. Tapi ketika kamu merasa bahagia dan damai, Anda tinggal di masa sekarang.
  8. Tertawalah dengan sering. Tertawa adalah aktivitas yang paling ampuh untuk mengatasi marah atau depresi. Penelitian telah menunjukkan bahwa tindakan sederhana melengkungi sudut mulut dapat meningkatkan perasaanmu bahagia. Jadi jangan mengambil hidup terlalu serius. Cobalah untuk menemukan humor dan tawa dalam perjuangan hidup sehari-hari.
  9. Memaafkan. Kebencian dan kemarahan adalah bentuk hukuman diri. Ketika kamu memaafkan, kamu benar-benar berlatih kebaikan untuk diri sendiri. Belajarlah untuk mengampuni mereka yang telah menyakiti Anda di masa lalu. Hal yang paling penting, belajar untuk memaafkan diri sendiri. Semua orang membuat kesalahan. Ini melalui kesalahan kita bahwa kita belajar dan tumbuh untuk menjadi orang yang lebih besar dan lebih baik.
  10. Ucapkan terima kasih. Selalu menghargai berkat-berkat dalam hidupmu. Hal itu sama pentingnya untuk mengekspresikan apresiasimu kepada mereka yang telah membuat hidupmu lebih baik dalam beberapa cara, baik besar ataupun
  11. Buat koneksi pertemanan yang dalam. kebahagiaan kita akan lebih banyak ketika kita menghubungkan dan ikatan dengan manusia lain pada tingkat yang lebih dalam. Sepenuhnya hadir dan mendengarkan adalah dua keterampilan yang paling penting untuk memperkuat ikatan itu dan membawa kebahagiaan untuk diri kita sendiri, dan orang lain.
  12. Jaga janjimu. Harga diri kita dibangun atas kesepakatan yang dibuat dengan diri kita sendiri. Harga diri yang tinggi memiliki korelasi langsung menuju kebahagiaan. Jadi jaga janjimu dengan orang lain dan dengan diri sendiri. Lakukan apa yang Anda katakan Anda akan lakukan.
  13. Menurut Harvard, orang yang mengambil 8 sesi pelatihan meditasi mindfulness, rata-rata, 20% lebih bahagia daripada pengontrolan diri. pelatihan tersebut dapat menyebabkan perubahan struktural otak termasuk peningkatan kepadatan grey-matter dalam hippocampus, Pentingnya untuk belajar dan memahami akan struktur yang terkait dengan kesadaran diri, kasih sayang dan introspeksi.
  14. Fokus pada apa yang di Ketika kamu menempatkan pikiran, hati dan jiwa ke dalam apa yang dilakukan, kamu sedang menciptakan keadaan kebahagiaan – disebut “Aliran” Ketika kamu seperti aliran, kamu cenderung untuk peduli apa yang orang lain pikirkan tentangmu, dan tidak terganggu oleh hal-hal yang tidak begitu penting. Hasil? Lebih bahagia, tentu saja!
  15. Jadilah optimis. Jika kecenderunganmu adalah untuk membayangkan skenario terburuk setiap kali menghadapi tantangan, latihlah diri untuk membalikkan kecenderungan itu. Tanyakan pada diri sendiri bagaimana bisa keluar dari situasi atau apa yang didapat pelajari dari itu. Optimisme menjadi bahan bakar dari
  16. Cinta tanpa syarat. tidak ada yang sempurna. Menerima diri sendiri untuk semua ketidaksempurnaandan melakukannya untuk orang lain. Mencintai seseorang tanpa syarat tidak berarti bahwa kamu harus menghabiskan seluruh waktumu dengan mereka atau membantu mereka mencari tahu masalah mereka. cinta tanpa syarat berarti menerima orang apa adanya, dan memungkinkan mereka untuk menemukan cara-cara mereka sendiri, dengan langkah mereka sendiri.
  17. Jangan menyerah. proyek yang belum selesai dan kekalahan yang berulang pasti menurunkan harga diri. Jangan menyerah sampai kamu Ingat, kegagalan adalah sementara tetapi kekalahan adalah permanen. Kekalahan hanya terjadi ketika kamu menyerah.
  18. Lakukan yang terbaik dan kemudian lepaskanlah. Setiap orang memiliki keterbatasan, dan hal-hal tidak selalu berubah menjadi apa yang kita inginkan meskipun sudah berusaha. Jadi selalu berikan yang terbaik, dan kemudian lepaskanlah. Biarkan waktu berjalan. Bila kamu sudah melakukan yang terbaik, kamu tidak menyesal.
  19. Jaga dirimu. Tubuh yang sehat adalah kunci menuju kebahagiaan. Jika kamu memiliki kesehatan yang buruk, sangat sulit untuk menjadi bahagia tidak peduli seberapa keras kamu Jadi, pastikan kamu makan dengan baik, berolahraga dan menemukan waktu untuk beristirahat. Rawat tubuh, pikiran dan jiwamu.
  20. Peduli. Melakukan yang baik adalah salah satu cara paling pasti untuk merasa baik. Menurut Harvard, ketika orang-orang berbuat baik, otak mereka menjadi aktif di pusat pahala yang sama yang dirangsang ketika mereka mengalami imbalan lainnya. Sehingga tidak mengherankan bahwa orang-orang yang peduli akan orang lain lebih bahagia daripada yang tidak.

 

Nah 20 kebiasaan yang membuatmu bahagia, semoga bisa menjadikanmu pribadi yang lebih baik lagi di masa sekarang, FoKus! Semangat! (AB)

 

Sumber: cycleharmony.com

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Jadwal Penerimaan MaBa UIN Maulana Malik Ibrahim
Jadwal Penerimaan MaBa UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang Tahun Akademik 2016-2017

HAI FoKus! Kali ini Kami akan memberitahu Jadwal Penerimaan MaBa UIN Maulana Malik Ibrahim. Check this page out for more...

Close