2016 Profesor di Indonesia Tercatat hanya 5000 orang!

Infokampus.news, Malang – Direktur Karir dan Kompetensi SDM KemenristekDikti Prof. Dr. Bunyamin Maftuh M.pd M.A saat ditemui dalam acara seminar di UNISMA kemarin memaparkan fakta pendidikan perguruan tinggi di Indonesia. Salah satunya kurangnya jumlah dosen yang bergelar profesor di Indonesia.

Baca Juga:

“Jumlah dosen di Indonesia 196.000 orang tapi dari jumlah ini yang bergelar profesor hanya 5000orang, sangat kurang ini, sangat sedikit. Memprihatinkan,” ujarnya.

Sedikitnya jumlah profesor di Indonesia ini membuat banyak universitas di Indonesia banyak yang tidak memiliki tenaga kependidikan seorang profesor. Padahal jumlah profesor dalam sebuah PT ini menentukan pula bagaimana kualitas suatu perguruan tinggi tersebut.

“Kadang di perguruan tinggi swasta itu bahkan tidak ada profesornya sama sekali,” tambahnya

Motivasi Menjadi Profesor Bukan Sesuatu yang Mustahil

Ia juga menambahkan pemerintah harus mendukung dan memotivasi para dosen untuk menempuh gelar profesor sejak awal bekerja.

“Kami berupaya memberi dorongan agar jumlah professor semakin meningkat,” paparnya.

Upaya yang dilakukan oleh pemerintah selain memberi beasiswa untuk para dosen juga membuat peraturan jelas yang mengatur standar tenaga kependidikan di PT. Menurut Undang-Undang dosen harus bergelar minimal S2, namun fakta di lapangan berbicara lain.

“Kami mengalami kendala SDM karena masih ada 30.000an dosen S1. Padahal menurut UU semua dosen harus S2,” pungkasnya. (Pus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Realitas Sosial ‘Masih Banyak Mahasiswa yang Belum Pernah Nonton Wayang’

Acara rekor MURI melukis wayang krucil massal yang dilakukan mahasiswa UB di GOR Pertamina Universitas Brawijaya (UB) kemarin disambut baik...

Close