2020, Indonesia Potensial Jadi Negara Terbesar Ekonomi Digital di Asia Tenggara

Infokampus.news, Malang – Pemerintah ingin mewujudkan Indonesia sebagai negara dengan pengembangan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada tahun 2020 mendatang. Hal ini dilakukan mengingat Indonesia adalah pasar yang cukup potensial. Bayangkan dari sekitar 250 juta jiwa, 93 juta diantaranya adalah pengguna internet, dan 71 juta orang menggunakan smartphone untuk mengakses internet.

“Peningkatan ekonomi Indonesia dalam 5 tahun terakhir didukung oleh pertumbuhan industri e-commerce yang semakin pesat. Kedepan industri ini menjadi salah satu tulang punggung nasional,” kata Dirjen Aplikasi dan Informatika Kemenkominfo Samuel Abrijani Pangerapan dalam acara CEO Talks UB IT Innovation Gathering (UBITIG) di Studio UB TV, Rabu, 18 Oktober 2016.

Samuel A. Pangarepan juga menyebut bahwa kondisi tersebut berpeluang besar bagi mahasiswa khususnya untuk mengembangkan perusahaan di bidang IT. Tercatat pada tahun 2015 volume transaksi e-commerce senilai Rp 200 triliun dan diprediksi mencapai Rp 100,850 trilun di akhir tahun 2020.

Baca Juga :

“Ini potensi besar yang bisa dikembangkan oleh pelaku bisnis yang ada disini khusunya bidang IT dan e-commerce,” jelas Samuel di hadapan ratusan mahasiswa dan CEO perusahaan bidang IT.

Di awal tahun 2016 lalu, Presiden Jokowi telah mendeklarasikan visi ekonomi Indonesia sebagai The Digital Energy of ASEAN. Oleh sebab itu pemerintah berkomitmen untuk terus mendukung perushaan rintisan di berbagai teknologi digital yang berdampak positif bagi masyarakat Indonesia.

Dirjen yang baru menjabat 2 hari ini juga mengeaskan untuk menambah jumlah entrepreneur di Indonesia yang terbilang masih sangat minim yakni 1,5 persen.

“Sekarang pemerintah sedang gencar melakukan program 1000 entrepreneur. Pemerintah bukan hanya hanya sebagai regulator tapi juga sebagai fasilitator untuk membangun kreativitas dan kapasitas inovasi lokal serta menciptaka iklim kondusif bagi perkembanagn dan penguatan sektor tik,” tandasnya.

Penulis : Galuh Pandu Larasati

Foto : Galuh – Infokampus.news

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UGM Raih Juara Umum Olimpiade Kedokteran

Baru-baru ini, delegasi mahasiswa Fakultas Kedokteran UGM berhasil meraih gelar juara umum olimpiade kedokteran dalam IMO.

Close