3 Kampus Indonesia Masuk Top 500 Universitas di Level Internasional

INFOKAMPUS.NEWS – Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) kembali mencatat peningkatan peringkat kampus Indonesia di tingkat dunia pada periode 2015-2019. Tercatat, ada tiga perguruan tinggi di Indonesia yang masuk jajaran 500 besar dunia.

“Siapa yang tidak bangga memiliki kampus yang diperhitungkan di tingkat dunia. Saat ini Indonesia memiliki tiga perguruan tinggi yang masuk jajaran 500 besar dunia yaitu Universitas Indonesia , Institut Teknologi Bandung, dan Universitas Gadjah Mada,” tulis Kemenristekdikti yang diunggah melalui Facebook, Selasa (18/6/2019).

Prestasi ini bukan semata-mata tentang pengakuan, melainkan sebuah cerminan hasil usaha untuk meningkatkan kualitas perguruan tinggi tersebut.

Presiden Joko Widodo pun memberi perhatian besarnya terhadap daya saing kampus Indonesia di level dunia. Salah satu upayanya untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi adalah dengan kebijakan Presiden Jokowi yang fokus terhadap pembangunan sumber daya manusia dan perguruan tinggi.

Merespons cepat arahan Presiden Jokowi, Menristekdikti M. Nasir membuat terobosan-terobosan program dan kebijakan penting agar perguruan tinggi Indonesia semakin berkualitas dan memiliki daya saing di level dunia.

Baca Juga :  Cerdas Di atas Rata- Rata Dengan Teknik Belajar Pomodoro

Beberapa program unggulan Kemenristekdikti seperti beasiswa dan penelitian, secara tak langsung juga membantu mengangkat peringkat kampus Indonesia di level internasional.

“Beberapa program beasiswa diadakan untuk dosen dan tenaga kependidikan. Seperti Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri (BPPDN) dan Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Luar Negeri (BPPLN) yang bertujuan meningkatkan kualitas dan kompetensi dosen dengan pendidikan Magister untuk melanjutkan ke jenjang Doktoral,” terangnya.

Salah satu program unggulan lainnya dari Kemenristekdikti yakni World Class Professor (WCP) dengan mendatangkan puluhan Profesor dan Ilmuwan Diaspora Indonesia dari berbagai belahan dunia untuk berkolaborasi dengan dosen atau peneliti Indonesia dengan tujuan meningkatkan produktivitas riset dan publikasi internasional.

Selain itu, Kemenristekdikti juga berkolaborasi dengan perguruan tinggi di luar negeri melalui beberapa program seperti Program Scheme for Academic Mobility and Exchange (SAME). Kerjasama lainnya berbentuk program Staff Mobility dan Student Mobility sebagai upaya internasionalisasi pendidikan tinggi di Indonesia dengan salah satu output berupa publikasi internasional yang ditargetkan masuk ke dalam TOP 200 Journal. (him)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *