36 Mahasiswa UWG Penerima Beasiswa PPA Bidik Hibah Pertama

Infokampus.news, Malang –┬áIni bagian dari harapan Wakil Rektor lll UWG Dr. Agus Tugas Sudjianto, ST, MT saat mengumpulkan para penerima beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), Jumat 26 Juli 2019 di Ruang F9 Kampus ll Kampus Inovasi Universitas Widyagama Malang.

“Dari 250 mahasiswa pelamar beasiswa….,” demikian Agus Tugas memulai briefingnya, “Ini membuktikan bahwa banyak mahasiswa kampus ini yang prestasi akademiknya bagus, karena salah satu persyaratan yang ditetapkan untuk mendapatkan beasiswa ini adalah IPK minimal 3,0.” Tentu saja ada beberapa persyaratan lain yang mengiringi IPK 3.0 tersebut. Karena ini adalah dana hibah dari LLDIKTI, maka seleksi harus dilakukan karena tahun 2019 ini UWG hanya menerima 36 paket.

Kasubag kemahasiswaan Sumartono, SP, pada kesempatan lain menambahkan bahwa seleksi dilakukan oleh masing-masing fakultas secara terbuka dan obyektif. “Tahun ini jatah UWG meningkat dibandingkan dengan tahun yang lalu. Tahun 2018, UWG menerima 30 paket, tahun ini menerima 36 paket,” imbuh Sumartono.

Dari 36 mahasiswa penerima beasiswa PPA tahun 2019 ini, terdata beberapa nama yang memang terbukti secara akademik berprestasi, tidak hanya dari IPK, tetapi juga prestasi akademik lainnya antara lain penerima hibah PKM (Program Kreatifitas Mahasiswa) dan penerima hibah KBMI (Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia). Ada pula mahasiswa yang memiliki prestasi non akademik antara lain juara Taekwondo tingkat Regional Jawa Timur, peserta lomba paduan suara tingkat nasional dan masih banyak lagi prestasi yang lain.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Rektor lll yang dikenal sangat dekat dengan mahasiswa ini mengingatkan bahwa ada konsekuensi yang sudah menjadi komitmen para penerima beasiswa PPA ini, antara lain keharusan membantu kegiatan mahasiswa melalui organisasi mahasiswa yang diikuti, senantiasa meningkatkan prestasi akademik melalui kompetisi-kompetisi yang diselenggarakan oleh LLDIKTI ataupun pihak lain.

Dosen berkacamata tebal ini juga mengingatkan kepada para penerima beasiswa PPA ini akan sanksi manakala IPK pada semester berjalan mengalami penurunan. “Beasiswa akan dihentikan dan akan dilakukan PAW (pergantian antar waktu), maksudnya yang bersangkutan akan dihentikan beasiswanya dan akan dicarikan penerima pengganti.” Lebih daripada itu, Agus Tugas juga sangat berharap, bahwa penerima beasiswa PPA tahun ini, ada yang bisa menembus PIMNAS dan Hibah PERMATA (Pertukaran Mahasiswa Nusantara). (Jul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *