38 Mahasiswa Pilihan Mendapat Gemblengan di Diklat Bela Negara

Infokampus.news, Malang – Memasuki hari ke dua Diklat Bela Negara yang diikuti oleh 38 mahasiswa dari perwakilan organisasi mahasiswa yang telah dilantik pada saat lalu berjalan dengan lancar. Kegiatan dimulai dari 03.45 hingga malam nanti. Dijadwalkan para peserta diklat akan mendapatkan pelatihan fisik PBB dan pembekalan materi dari Prof. Dr. Ir. Iwan Nugroho, MS. selaku rektor UWG Malang.

Letkol Inf Budi Tj S.Sos M.A.P memberikan materi mengenai Proxy War, atau biasa dikenal dengan perang proksi adalah istilah konflik di antara dua pihak.  Di mana pihak tersebut tidak terlibat langsung dalam sebuah peperangan melainkan melibatkan pihak ke tiga.

“Proxy War adalah pemanfaatan pihak ke tiga, dengan kata lain melibatkan pihak lain dalam sebuah perselisihan internal,” ungkapnya.

Syarat Diklat Hanya Sehat Dan Bertanggung Jawab

Syarat utama mengikuti Diklat Bela Negara adalah ‘Sehat’ karena tidak hanya mendapatkan pendidikan kelas, namun juga akan diajarkan pendidikan lapang seperti ilmu fisik dan ilmu kepemimpinan lainnya. Peserta akan mendapatkan materi dan pendampingan dari instruktur Depo Belanegara mengenai PBB, PPM, TUM, Proxy war. Selain itu Rektor dan Wakil Rektor III dari UWG Malang juga memberikan pendampingan serta materi kelas berupa leadership dan penyusunan program kerja.

“Disini akan diberikan banyak ilmu dan pendidikan, baik materi ruang maupun lapang diharapkan ke 38 mahasiswa terpilih yang ikut dalam kegiatan Diklat ini dapat mengikuti dengan baik. Melalui Diklat Bela Negara ini mahasiswa dapat membangun kebersamaan antar peserta Diklat,” ungkap Dr. Agus Tugas Sudjianto, ST, MT, selaku Wakil Rektor III bidang kemahasiswaan UWG Malang.

“‌Kedisiplinan adalah kunci awal menjadi seorang pemimpin yang sukses, disini peserta akan diajarkan untuk memiliki leadership yang baik yang nantinya akan diaplikasikan kedalam organisasinya di UWG Malang,” imbuhnya.

“‌Di kampus mahasiswa hanya akan mendapatkan teori diharapkan apa yang sudah dipelajari dapat disimulasikan dilapangan. Peserta Diklat Bela Negara diwajibkan mengikuti semua arahan dengan baik dan tentunya menyesuaikan tata tertib dan jadwal yang sudah dibuat,” pungkasnya. (has)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Gelar Halal Bihalal, IAI Jatim Targetkan Kelemahan Dalam Penelitian Bisa Diatasi

IAI Jatim atau Ikatan Akuntan Indonesia yang merupakan wadah bagi para dosen akuntansi di seluruh

Close