4 Lomba di Hari Kemerdekaan Ini Menyimpan Kisah Tersendiri!

Infokampus.news – Bagaimana perayaan lomba hari kemerdekaan di kampus kamu? Atau pagi ini kamu mengikuti upacara bendera bersama rekan seangkatan? Kalau iya kalian harus merayakannya dengan penuh sukacita ya. Apalagi kalau ada lomba seru di area kampus yang bisa kamu ikuti, namun tahukah kamu ternyata beberapa lomba yang diadakan untuk merayakan ulang tahun kemerdekaan ini menyimpan kisah tersendiri?

Dilansir dari Surya, ini dia 4 lomba di hari kemerdekaan yang ternyata mempunyai kisah tersendiri di baliknya!

1.Tarik Tambang

Tidak hanya sekadar lomba yang menyenangkan ya, tarik tambang juga bisa menjadi kegiatan untuk berolahraga yang melatih kekompakan antar tim. Di setiap tahun pasti akan diadakan lomba ini sebagai penyemarak acara baik di lingkungan kampus maupun dalam masyarakat luas

lomba di hari kemerdekaan

Tapi tahukah kamu kalau lomba satu ini menyimpan kisah tragis di baliknya? Yap, perlombaan ini muncul karena terinspirasi dari derita masa penjajahan yang mana warga pribumi yang dulunya dipaksa bekerja berat oleh Belanda.

Mereka kerap menggunakan tali tambang untuk menarik sebuah benda, seperti batu, pasir dan lainnya.

2.Balap Karung

Tidak banyak sumber khusus yang menyebutkan sejarah tentang permainan ini namun memang permainan ini cukup seru untuk dimainkan saat perlombaan kemerdekaan.

lomba di hari kemerdekaan

Namun kabar di baliknya, perlombaan ini terinspirasi dari karung goni yang dulunya dipakai oleh warga pribumi sebagai pakaian kesehariannya, khususnya pada masa penjajahan Jepang. Masyarakat diajak untuk merasakan sensasi memakai karung ini yang hanya dihelat setahun sekali.

3.Makan Kerupuk

Nah yang ketiga yang paling kita mainkan saat perlombaan 17-an yaitu lomba makan kerupuk. Lomba ini juga terinspirasi dari kisah bangsa kita di era penjajahan loh.

lomba di hari kemerdekaan

Dulunya, saat negara Indonesia dijajah oleh Belanda kita diingatkan bagaimana masyarakat pribumi kesulitan dalam hal pangan. Mengapa kerupuk? Yap, karena pada masa sulit ini mereka hanya bisa makan nasi dengan kerupuk saja.

4.Panjat Pinang

Lomba yang terahir ini merupakan perlombaan yang paling menyenangkan ya untuk ditontn, namun ternyata memiliki kisah paling menyedihkan loh! Lomba panjat pinang ini diambil dari Bahasa Belanda, yakni ‘De Klimmast yang berarti panjat tiang.

lomba di hari kemerdekaan

Seperti asal-usul namanya, perlombaan ini juga berasal dari negeri penjajah kita dahulu, Belanda. Namun, di Belanda, permainan ini dianggap menjijikkan karena permainan ini mengharuskan para pemainnya rela diinjak-injak oleh orang yang berada di atasnya.Oleh karenanya, Belanda pun membawa permainan ini ke Indonesia sebagai bahan tertawaan.

Yang lebih tragis lagi, kabarnya warga pribumi mau ikut lomba panjat pinang ini untuk mendapatkan sedikit beras.

Wah, ternyata lomba-lomba yang diadakan di sekitar kita sebenarnya tidak hanya untuk kesenangan semata ya, namun untuk mengingat-ingat lagi perjuangan bangsa kita pada jaman penjajahan dahulu. Sebagai mahasiswa jangan sampai kita terjajah lagi ya baik dalam bidang pendidikan maupun kebudayaan, tetap semangat dan merdeka! (ir)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LP3i Penuhi Tantangan Menteri Ketenagakerjaan Kurangi Badai Pengangguran Indonesia

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Hanif Dakhiri yang meminta perguruan tinggi untuk memperbaiki relevansi perguruan tinggi saat ini yang masih dirasa masih...

Close