4 Perguruan Tinggi Ini Beradu Argumen Dalam Debat Majelis Permusyawaratan Rakyat

Infokampus.news, Malang – Badan Pengkajian Majelis Permusyawaratan Rakyat menyelenggarakan debat yang di ikuti oleh 4 Perguruan Tinggi yakni Universitas Brawijaya, Universitas Merdeka Malang, Universitas Airlangga Surabaya dan Universitas Muhammadiyah Malang. Keempat perguruan tinggi ini dibagi menjadi kelompok yang masing-masing terdiri dari 3 orang disetiap timnya. Dari keempat tim tersebut di beri nama kode “Nusantara 1,2,3” dengan mekanisme pertandingan menggunakan sistem penuh yang nantinya seluruh tim akan bertanding dan di lawankan dalam posisi pro dan kontra dalam enam pertandingan berbeda untuk mengumpulkan akumulasi poin kemenangan sebanyak-banyaknya dari setiap tim yang sedang bertanding.

Sebelumnya peserta mengambil nomor urut pada saat Technical Meeting, untuk setiap pertandingan akan ada dua tim yang akan beradu argumen. Pada saat pertandingan dimulai ada time keeper yang akan mengawasi jalannya perlombaan, pada saat debat setiap peserta diharuskan menggunakan bahasa baku dan perlombaan akan dipandu oleh seorang moderator serta tiga orang juri akan menjadi juri untuk penilaian argumen dari setiap tim.

Ketat, Peraturan Debat Dibedakan Untuk Setiap Babak

“Setiap babak memiliki peraturan debat yang berbeda, seperti pada babak I, pembicara pertama diberikan waktu 2×5 menit untuk mengutarakan argumentasinya mengenai pemahaman topik, permasalahan, analisis dan solusi sesuai dengan posisi tim yang berada di pro maupun kontra,” ungkap Ferry, salah satu peserta dari Universitas Brawijaya.

“Untuk interupsi juga akan diatur oleh moderator dengan 4 ketentuan yang telah dibuat sebelumnya,” pungkasnya.

“Dari hasil debat, tim dari Universitas Brawijaya sendiri dipilih sebagai perwakilan Jawa Timur untuk region 7,” tutupnya. (has)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Qori’ Qori’ah Nasional Dan Internasional Meriahkan Lailatul Qoriah di Masjid Raden Patah

Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional yang direncanakan akan dilaksanakan selama sepekan telah memasuki hari keempat

Close