5.601 Mahasiswa Bertarung Berebut Kursi SPAN UIN Maliki Malang, Pendidikan Kedokteran Masih Jadi Primadona

Infokampus.news, Malang – Total sebanyak 5.601 peserta SPAN UIN Maliki Malang berebut kursi mahasiswa baru. Kuota kampus PTKIN ini sendiri untuk SPAN hanya 20% dari total kuota 2019.

Meski demikian jumlah peminat jalur mandiri tahun 2019 ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Tahun lalu jumlah peserta masih di angka sekitar 4.000 orang saja.

Ada dua jenis tes yang dikerjakan peserta, yakni jenis tes IPA dan IPS. Untuk peserta yang mengambil tes IPA diperkirakan menempati total 66 ruangan sedangkan untuk tes IPS diperkirakan menggunakan 98 ruangan.

Antisipasi kecurangan sendiri masih dilakukan secara manual oleh dosen yang menjaga masing-masing ruangan dengan verifikasi data peserta dan foto peserta. UIN Maliki Malang sendiri juga sangat waspada lantaran adanya isu joki nasional yang beredar akhir-akhir ini.

Selain itu peserta juga diwajibkan untuk menyerahkan nomor tes UTBK agar kampus bisa mengakses nilai utbk para peserta sebagai salah satu dasar penilaian. Dasar pertimbangan lainnya yakni dari hasil tes baca Al-Qur’an yang dinilai oleh para dosen UIN Maliki Malang.

Baca Juga :  Era Digital, Wujudkan Mimpi Presiden dengan Kurikulum Baru

Untuk peminat tertinggi, pendidikan kedokteran masih menjadi primadona. Disusul dengan manajemen, farmasi dan psikologi. Padahal keketatan dari 4 prodi ini sangat tinggi, namun calon mahasiswa nampaknya masih antusias memilih prodi incaran mereka. (Pus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *