Ini Dia 5 Hal yang Kamu Siapkan Sebelum Mudik Lebaran!

Wah, Liburan sudah mulai tiba ya, saatnya Sobat FoKus untuk kembali ke daerah asal masing-masing. Nah ada beberapa hal yang harus kamu siapkan sebelum mudik lebaran. oh iya perlu kamu ketahui liburan kali ini bertepatan dengan lebaran loh!  yuk mari kita simak beberapa tips persiapan sebelum mudik lebaran.

  1. Selesaikan tugas dan pekerjaan

Sebelum pulang ke kampung halaman, alangkah lebih baiknya kamu menyelesaikan tugas dan pekerjaan kamu di kota perantauan, seperti tugas organisasi maupun tugas dari akademik. Hal ini dilakukan agar lebih tenang jika kamu tidak meninggalkan pekerjaan ataupun tugas dari dosenmu. Selesaikan semuanya sampai tuntas agar liburanmu terasa lebih menyenangkan, bebas tanpa beban.

                                                         

  1. Amankan barang berhargamu

Pastikan seluruh barang berhargamu aman, seperti laptop, camera, printer atau bahkan yang mempunyai barang dengan harga relatif menguras kantong mahasiswa sebaiknya diamankan di penjaga kos atau teman terbaikmu yang berada di tempat asal kuliahmu dan tidak pulang, pilihan lainnya kamu bisa membawanya bersamamu saat mudik

 

Seringkali mahasiswa menitipkan hewan peliharaan yang ia bawa di petshop-petshop terdekat, hal ini dilakukan supaya hewan peliharaan kesayangannya tetap terawat dengan baik tanpa kelaparan hehe, apa hal ini juga Sobat FoKus lakukan?

 

  1. Cari teman seperjalanan

Nah, ini dia nih saatnya kamu mulai mencari-cari teman yang berasal dari daerah yang sama denganmu atau minimal yang searah pulang denganmu. Sepi rasanya ketika di perjalanan tidsak ada teman untuk diajak berbicara. Ada baiknya kamu mudik bersama teman yang searah dengan kampung halaman agar perjalanan tidak terasa membosankan.

 

Setelah menemukan teman yang sama-sama berasal dari satu daerah silahkan tentukan kamu ingin pulang menggunakan transportasi apa? bisa bis, kereta, kapal atau bahkan pesawat. Eiiitttts tunggu dulu saran dari InfoKampus silahkan pilih transportasi sesuai dengan budget kamu ya sobat FoKus, takutnya nih nanti ada kendala ditengah jalan tapi uang kamu pas-pasan. Jadi lebih baik hindari mengeluarkan budget berlebihan ya, sesuaikan dengan kemampuan kamu.

 

  1. Jangan lupakan buah tangan!

Orangtua mahasiswa rantau biasanya suka “neror” anaknya untuk membawa oleh-oleh khas kota asal mahasiswa sedang menempuh pendidikan, umumnya dalam bentuk makanan, supaya bisa dinikmati saat lebaran. Apalagi trend kini adalah kue-kue khas kota yang dimiliki oleh beberapa artis ibukota seperti Malang Strudel milik Teuku Wisnu, Surabaya Patata milik Ria Ricis, Jogja Scrummy milik Dude Herlino dan masih banyak lagi digandrungi masyarakat karena penasaran akan rasanya.

 

Jadi mau gak mau, sebelum pulang Sobat Fokus harus sempatkan datang ke tempat oleh-oleh yang ada di kotamu, untuk membelikan sedikit bingkisan yang bisa dinikmati keluarga besar saat lebaran.

 

  1. Bikin Ramalan pendapatan THR selama Lebaran

 

Dilansir melalui Youthmanual, mahasiswa rantau yang pola pikirnya sangat advanced, kerap membuat perkiraan banyaknya uang angpau atau THR yang akan mereka dapatkan selama lebaran. Nggak Cuma itu, mereka bahkan biasa nge-list daftar barang-barang yang ingin mereka beli dengan uang yang mereka dapatkan nanti.

 

Untuk tahun ini, wahai kalian mahasiswa, perbanyak berdoa aja ya, semoga ramalan pendapatan kalian sesuai dengan apa yang kalian harapkan biar beli ini itunya kesampaian hihihi.

 

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Mau Mudik? Pastikan Ada Satu diantara 4 Home Security Ini Agar Mudikmu Jadi Tenang

Mudik jauh? Pasti kalian cukup was was ya meninggalkan rumah tanpa pengawasan yang ketat. Apalagi momen lebaran seperti ini kompleks...

Close