Bingung Tentukan Kuliah Selanjutnya? Inilah 5 Kampus Favorit Versi SNMPTN Sejak Tahun Lalu yang Bisa Jadi Acuan

Infokampus.news – Bagi calon mahasiswa, informasi apapun yang berkaitan dengan perguruan tinggi akan menjadi buruan yang harus didapatkan. Baik itu seputar seleksi, profil perguruan tinggi, hingga peringkat perguruan tinggi tak ayal menjadi konsumsi tersendiri. Hal tersebut juga berlaku pada periode SNMPTN 2018 kali ini.

Ribuan mahasiswa seluruh Indonesia berlomba-lomba untuk mendapatkan tiket lolos ke kampus idaman. Jalur SNMPTN bisa dianggap sebagai freepass untuk menyongsong bangku kuliah. Akan tetapi, apakah Sobat Fokus tahu kampus mana yang paling diminati pada SNMPTN tahun lalu?

Penting untuk mengetahui pemetaan kampus favorit. Setidaknya, calon mahasiswa dapat memprediksi peluangnya sehingga dapat dengan bijak menentukan pilihan sebelum masuk kuliah nanti.

5 Kampus Favorit Versi SNMPTN Tahun Lalu
1. Universitas Padjadjaran, Bandung (UNPAD)

Universitas Padjajaran

Posisi pertama diduduki oleh PTN ternama dari Kota Kembang. Kampus yang menawarkan 51 prodi S1 ini diminati hampir oleh 40.000 calon mahasiswa. Pesona Bandung sebagai kota yang nyaman dan sejuk membuat banyak calon mahasiswa memilih UNPAD sebagai destinasi kuliah berikutnya.

Baca Juga :  Aransemen Ulang Lagu Fiersa Besari, Cecilia Marvelyn Kirim Surat Cinta Untuk Pejuang Skripsi
2. Universitas Brawijaya, Malang (UB)

Universitas Brawijaya

Runner up PTN paling diminati selama SNMPTN ditempati oleh jagoan dari Kota Apel. UB masih menjadi favorit di Kota Malang dan juga Jawa Timur. Tahun lalu, UB diminati oleh 33.950 calon mahasiswa. Mayoritas memilih UB karena hawa kota Malang yang sejuk dan UB dianggap sebagai jagoan PIMNAS. Wow!

3. Universitas Diponegoro, Semarang (UNDIP)

Universitas Diponegoro

Kampus kebanggaan warga Semarang, UNDIP, menempati tiga besar kampus paling diminati. Tercatat, pada SNMPTN sebelumnya UNDIP menorehkan angka 32.085 pendaftar, mengungguli kampus unggulan lain di tengah Jawa, UGM. Sebuah prestasi yang cukup membanggakan.

4. Universitas Sumatra Utara, Medan (USU)

Universitas Sumatera Utara

USU menempati posisi 4 nasional sekaligus nomor 1 sebagai kampus luar Jawa yang paling diminati pada SNMPTN tahun lalu. Kampus yang terletak di kota Medan ini berhasil mengungguli kampus-kampus beken Jawa seperti UI, UGM, dan ITB. Fantastis!

5. Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta (UGM)

Universitas Gadjah Mada

Dedengkot Ngayogyakarta School masih berada di 5 besar dengan peminat sebanyak 31.814. UGM yang dikenal banyak menghasilkan alumni jempolan seperti Presiden RI saat ini, Joko Widodo, masih mempertahankan citra Jogja sebagai Kota Pendidikan. Beragam prestasi yang ditorehkan UGM masih menyilaukan calon mahasiswa untuk berkuliah ke Kota Gudeg tersebut.

Baca Juga :  Kenali Anak Genius Dari Belgia, Di Usia 9 Tahun Laura Simons Akan Raih Gelar Sarjana Teknik Elektro

Yap Sobat Fokus, itu tadi merupakan kampus favorit pada SNMPTN sebelumnya. Semoga dapat dijadikan pertimbangan untuk memilih kampus dengan bijak. Well, semangat! (sig)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *