5 Kampus Kedokteran Terbaik di Dunia, Cek Sekarang Juga!

Infokampus.news, Nasional Terdapat 5 kampus kedokteran terbaik di dunia dengan sumber daya dan komitmen luar biasa pada studi kedokteran dan farmasi klinis. 

Bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan di bidang kedokteran dan kesehatan, ada banyak universitas terbaik di dunia yang memiliki jurusan tersebut.

Meski kerap disebut memiliki biaya yang mahal serta mata kuliah yang rumit, namun prospek kerja dari jurusan ini cukup bagus dan menjanjikan bagi alumninya.

Kampus kedokteran terbaik di dunia tersedia dengan menawarkan kurikulum berkualitas, sehingga kamu dapat memperoleh gelar kedokteran dalam 6 menjadi 4 tahun. Beberapa dari perguruan tinggi ini menawarkan pendidikan kedokteran melalui kursus dan mengadakan kelas kecil setiap tahunnya. 

Tidak hanya memberikan sistem belajar praktik, beberapa lembaga tersebut justru memberi peluang berkontak langsung dengan pasien dari semester pertama, bekerja pada bidang kedokteran dengan mengisi lowongan pekerjaan pada rumah sakit mitra kampus. Atau, bisa juga dengan menyediakan jaringan alumni global agar perkembangan karir lebih terjamin bagi para alumninya.

Lalu apa saja kampus kedokteran terbaik di dunia? Simak pembahasan berikut ini.

 

Daftar Kampus Kedokteran Terbaik di Dunia

Bersumber dari data QS World University Ranking by Subject 2022, berikut beberapa kampus dengan fakultas kedokteran terbaik di dunia:

 

  1. Oxford University

Salah satu program jurusan yang terkenal di Oxford University  adalah kedokteran (clinical, pre-clinical, and health). 

Kedokteran di Oxford University adalah kursus tradisional, yang dimana dibagi menjadi tahap pra-klinis dan klinis. 

Pada tahun pertama, siswa diajar secara teoritis dengan sedikit kontak dengan pasien. Pada tahun-tahun terakhir kursus, mereka beralih ke fase klinis, menghabiskan lebih banyak waktu di Rumah Sakit John Radcliffe. 

Sekitar 150 siswa diterima di kursus ini setiap tahun, dan 30 lainnya masuk ke program pascasarjana yang memadatkan studi kedokteran menjadi hanya empat tahun.

 

  1. Harvard University

    Walker porch in Memorial HallPlease see some similar pictures from my portfolio:

Sebagai salah satu universitas terbaik di dunia, Harvard University juga memiliki fakultas kedokteran yang bernama Harvard Medical School. Kampus kedokteran ini didirikan pada tahun 1782 dan sampai saat ini menjadi salah satu kedokteran tertua di Amerika Serikat.

Fakultas kedokteran pascasarjana Harvard University memiliki tiga misi yaitu mendidik, meneliti, dan memberikan perawatan klinis. 

Harvard University telah memasukkan pembelajaran berbasis masalah ke dalam kurikulumnya. Ada juga program khusus yang hanya menerima 30 pelamar setiap tahun dan fokus pada penelitian biomedis.

 

  1. Stanford University

Dalam pemeringkatan QS World University Ranking, Stanford University berada di posisi ketiga dibawah Harvard dan Oxford. Mengklaim sebagai pemimpin revolusi biomedis, Stanford Medicine memiliki tradisi panjang dalam penelitian perintis, protokol pengajaran yang kreatif, serta terapi klinis yang efektif.

Para peneliti di Stanford Medicine melakukan penelitian di sejumlah bidang berbeda, termasuk kanker, imunologi, ilmu saraf, dan genetika. 

 

  1. Cambridge University

Universitas terkemuka di Inggris ini memberlakukan persyaratan yang cukup ketat pada pelamarnya. Dari sekian banyak fakultas yang dimiliki, Cambridge University juga memiliki School of Clinical Medicine. Fakultas kedokteran tersebut menjadi salah satu yang terbaik di dunia.

Separuh dari lulusan gelar Kedokteran Cambridge akan menjadi dokter umum, dan hampir semuanya akan bekerja di NHS di Inggris Raya. 

Mahasiswa Cambridge, khususnya mahasiswa kedokteran, memiliki jadwal yang padat, juggling study, acara sosial kampus dan berbagai macam kegiatan rekreasi. 

 

  1. John Hopkins University

Fakultas Kedokteran Universitas John Hopkins secara konsisten bisa bersaing dan menjadi salah satu yang terbaik di dunia. 

Dikutip dari situs resminya, Fakultas Kedokteran Universitas John Hopkins mendidik mahasiswa kedokteran, mahasiswa pascasarjana, dan mahasiswa pasca doktoral dalam mempraktekkan ilmu kedokteran yang berpusat pada pasien. 

Selain itu, John Hopkins Medicine juga memiliki sekitar 902 Lab penelitian. Diantaranya 782 laboratorium serta 120 fasilitas inti. Tak sampai disitu, fakultas kedokteran John Hopkins juga mengoperasikan sekitar enam rumah sakit akademik serta empat pusat kesehatan.

Itulah 5 kampus kedokteran terbaik di dunia yang bersumber dari data QS World University Ranking by Subject 2022. 

 

 

(mewisnta/adn)

Leave a Reply

Your email address will not be published.