5 Langkah Menentukan dan Mendaftar Kuliah di Luar Negeri

INFOKAMPUS.NEWS – Menjadi salah satu impian para pelajar dengan mendaftar kuliah di luar Negeri. banyak yang berpikir bahwa kuliah ke luar negeri adalah suatu hal yang sulit. terutama mempertimbangkan masalah biaya kuliah dan biaya hidup yang tinggi.

Namun, semua ini bisa saja diakali dnegan berbagai cara dan tips. hal paling penting jika anda ingin belajar di luar negeri adalah niat. bulatkan niat, berushaa semaksimal mungkin dan berdoalah.

Dilansir melalui ican-education.com, berikut 5 langkah menentukan dan mendaftar kuliah di luar negeri:

Beasiswa Pemerintah 

Carilah informasi beasiswa dari pemerintah. baik pemerintah Indonesia maupun pemerintah negara asing. Dari Indonesia, pemerintah menyediakan beasiswa DIKTI yang mencakup tiket pulang balik, biaya kuliah dan biaya hidup selama di luar negeri. jika kamu mengincar beasiswa dari pemeirntah asing, rajin-rajinlah mengecek website kedutaan negara tersebut. biasanya disana tercantum persyaratan yang diperlukan untuk mendapatkan beasiswa kuliah. satu hal yang pasti, hampir smeua beasiswa dari pemerintah.

Beasiswa Universitas 

Biasanya ada bantuan beasiswa yang langsung disediakan oleh kampus di laur negeri yang bersangkutan. biasanya untuk mendapatkan beasiswa jenis ini anda harus sudah diterima dahulu di universitas tersebut. setelah anda terdaftar, anda bisa melamar lagi untuk mendapatkan bantuan dana dari universitas tersebut. biasanya, untuk beasiswa jenis insi anda memerlukan modal awal setidkanya untuk membeli tiket pesawat ke universitas tersebut dan biaya hidup untuk setidaknya satu semester. beasiswa baru akan diberikan oleh universitas ketika anda menunjukan performa akademis yang baik atau menghasilkan prestasi-prestasi selama belajar disana.

Baca Juga :  Rekomendasi 5 Hadiah Wisuda Unik untuk Teman Kamu

Beasiswa Swasta/ Sponsor 

Ada juga pihak swasta yang bisa membantu kuliah anda di luar negeri.  Di Indonesia, perusahaan besar seperti Djarum secara rutin membuka lowongan untuk para mahasiswa yang memerlukan bantuan beasiswa baik di dalam maupun luar negeri. Anda bisa juga mencoba menelusuri website-website perusahaan swasta untuk mencari peluang beasiswa. Anda bisa juga mengajukan proposal beasiswa ke pihak swasta, misal di tempat anda bekerja atau pernah magang. Walaupun kecil kemungkinannya untuk diterima, terkadang beberapa perusahaan tersebut memang menyediakan dana khusus untuk menyekolahkan karyawan-karyawannya.

Pertukaran Pelajar

Pertukaran  pelajar adalah salah satu jalan mudah lainnya untuk merasakan pengalaman belajar di luar negeri.  Tentu saja, anda harus benar-benar berprestasi di kampus atau sekolah anda jika ingin memperoleh satu tempat dalam pertukaran pelajar.  Keaktifan berorganisasi, kepribadian, dan keahlian khusus juga menjadi bahan pertimbangan untuk seleksi pertukaran pelajar. Di atas semua itu, anda tentunya juga harus meraih nilai akademis yang baik, dengan IP rata-rata 3,0 atau nilai rapor 75 persen.  Biasanya dalam beasiswa jenis ini anda tidak hanya mendapat kesempatan untuk berkuliah, namun juga tinggal bersama sebuah keluarga lokal di negara tersebut.

Baca Juga :  Kalahkan IQ Albert Einsten, Begini Profil Anak Bocah 11 Tahun Asal Inggris

Program Voluunteer 

Program Volunteer atau menjadi sukarelawan juga bisa menjadi batu pijakan untuk belajar ke luar negeri.  Salah satu program volunteer paling terkenal di kampus-kampus Indonesia adalah AIESEC, di mana anda nantinya akan dikirimkan ke berbagai negara untuk melakukan kegiatan sosial, seperti mengajar anak SD, membuat berbagai penyuluhan, sekaligus mengadakan riset kecil-kecilan. Dalam program volunteer, pada awalnya mungkin anda harus mengongkosi sendiri tiket pesawat dan biaya hidup selama di  sana.  Namun, sertifikat dari program-program seperti ini sangat membantu jika anda mengikuti tes beasiswa ataupun tes lowongan kerja. (Edt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *