5 Pekerjaan paling Hot di Indonesia Versi Nadiem Makarim

INFOKAMPUS.NEWS – Nadiem Makariem hadir pada gelaran Indonesia Millennial Summit (IMS) 2020 di The Tribata, Jakarta, Jum’at lalu (17/1/2020). Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) menyebutkan lima pekerjaan yang dianggap paling hot di indonesia saat ini.

Ia meyakini masyarakat yang memilih bidang itu tidak mungkin tidak mendapat pekerjaan, karena peluangnya sangat besar,  Dikatakan paling hot karena pekerjaan ini yang paling dibutuhkan di era generasi milenial. apa saja ya?

  1. Bidang Analis 

Pekerjaan seorang data analis mendapatkan dan menggunakan data tersebut untuk membantu perusahaan membuat keputusan bisnis yang lebih baik. hal ini menentukan harga produk baru yang ingin diluncurkan, menemukan cara untuk mengurangi biaya transportasi, memecahkan masalah yang menimbulkan biaya besar bagi perusahaan, atau menentukan berapa banyak pegawai yang harus bekerja pada hari sabtu.

2. Researcher 

Bagian Research & Development (R&D) di suatu perusahaan bertanggung jawab untuk segala aktivitas riset dan pengembangan di perusahaan tersebut. Bagian R&D bertanggung jawab untuk memastikan kualitas performansi dalam perusahaan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan perusahaan.

Baca Juga :  Tidak Bermimpi, Prof. I Made Wartana Berhasil Menjadi Profesor ITN

Selain itu R&D bertanggung jawab mengelola sejumlah dana yang dianggarkan perusahaan untuk riset dan pengembangan. R&D melakuka test dan tak jarang membuat alat test sendiri dan terus mengembangkan teknologi baru untuk meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan perusahaan.

Secara umum, demikianlah tugas dan tanggung jawab bagian R&D. Di dalam setiap perusahaan dapat terjadi variasi tergantung dari jasa yang ditawarkan masing-masing perusahaan serta ukuran perusahaan tersebut.

3. UX Design 

Jenis pekerjaan yang berhubungan dengan bagaimana meningkatkan kepuasan pengguna aplikasi maupun pengunjung situs yang dilihat dari nilai guna, manfaat juga kesenangan yang didapatkan si pengguna dari suatu aplikasi atau situs.

Sederhananya, UX Designer bertuas untuk membuat aplikasi ata situs yang mudah digunakan oleh pengguna, dan terlihat keren, bagus, namun simple. karena perasaaan pengguna saat berinteraksi dnegan interface jadi fokus utamanya.

UX Designer menentukan bagaimana suatu aplikasi atau situs bisa beroperasi dengan mudah. berlandaskan pada hasil riset supaya aplikadi atau situs yang dirancang benar-benar efektif.

Baca Juga :  Tidak Bermimpi, Prof. I Made Wartana Berhasil Menjadi Profesor ITN

4. Software Engineer 

Sebuah profesi atau pekerjaan di dunia IT yang deskkripsi kerjanya melakukan kativitas engineering (analisa, rekayasa, spesifikasi, implementasi dan validasi) untuk menghasilkan produk berupa perangkat lunak yang digunakan utnuk memecahkan masalah pada berbagai bidang.

software engineer harus mendalami ilmu mengenai Software Development Life Cycle (SDLC) sebagai modal untuk mengembangkan software, mulai dari requirement hingga maintenance. Profesi ini dibutuhkan oleh perusahaan yang memang bergerak di bidang IT, khususnya bidang pengembangan software. Tentunya jenis pekerjaan ini yang banyak dicari oleh sebuah perusahaan software di dunia.

5. Product Management 

Pekerjaan yang menghasilkan suatu produk dengan kualitas yang baik, begitu pula dnegan strategi bisnis dari produk tersebut. diwajibkan memahami seluruh aspek bisnis suatu perusahaan. dengan demikian, ia bisa mulai mengatur seluruh aspek kerja tim, dalam perusahaan tempatnya bekerja. ini semua demi menghasilkan suatu produk yang berkualitas tinggi, sesuai standar perusahaan dan sukses di pasaran. (Edt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *