5 Pertanyaan Esai yang Biasa Muncul dalam Laman Aplikasi Beasiswa, Apa Saja?

INFOKAMPUS.NEWS – Untuk menempatkan pertanyaan-pertanyaan ini dalam konteks, khususnya untuk komponen akademik,  memakai studi kasus lulusan S1 Ilmu Hubungan Internasional UI yang mendaftar beasiswa Msc Development Administration and Planning di University College London (UCL) Inggris. 

Alasan memilih Negara, Kampus dan Bidang Studi 

Contoh Jawaban : UCL berada di peringkat ke-7 universitas dunia berdasarkan QS University Ranking dan memiliki jurusan mulitidisipliner yang sangat unik yaitu Development Administration Planning yang tidak dapat ditemukan di universitas lain. bidang studi dan universitas yang saya tuju berada di Inggris. selain itu Inggris memiliki sistem pendukung yang baik untuk berkuliah di bidang saya, seperti jaringan perpustakaan, kerjasama dengan negara-negara lain untuk penelitian atau praktek lapangan / industri serta dampak penelitian yang tinggi. selain itu, banyak teoris terdepan di bidang saya berada di Inggris.

Skill dan Pengetahuan yang sudah dimiliki

Contoh jawaban : Pada saat kuliah Ilmu hubungan Internasional, bidang peminatan saya International Development atau Pembangunan Internasional, yang sejalan dengan program Development Planning yang akan saya geluti. saya juga memiliki berbagai pengalaman penelitian yang sesuai di bidang tersebut, sehingga latar belakang saya mumpuni untuk jurusan tujuan S2 saya.

Baca Juga :  Wah KIP Kuliah 2022 Bisa untuk Mahasiswa Kampus Swasta, Begini Cara Daftar

Permasalahan yang pernah dihadapi

Contoh jawaban : jika ini berkaitan dengan karir dan kebutuh S2. bdiang pembangunan Indonesia masih terbatas pada pembanguan infrasturuktur dan ekonomi, padahal pembangunan multidisipliner di bidang manusia, keberlanjutan alam dan sosial merupakan kunci untuk kemajuan terpadu. hal tersebut hanya bisa saya dapatkan emlalui pendidikan S2 multidisipliner yang saya tuju.

Kontribusi yang ingin diberikan setelah Kuliah

Contoh jawaban : saya ingin bekerja di Bappennas / Bappeda agar saya dapat meenerapkan ilmu yang saya geluti sebagai perncana pembangunan. di mana konsep dan praktek-praktek terbaik pembangunan dapat saya terapkan untuk pembangunan Indonesia.

Dari situlah reviewes (panitia penyeleksi beasiswa) akan melihat karakter pencapaian dan memutuskan apakah kita layak untuk mendapat investasi dari program mereka. mereka adalah pihak yang memiliki anggarand an mereka membiayai program tersebut atas dasar tujuan atau misi tertentu yang lebih besar. (Edt) 

Leave a Reply

Your email address will not be published.