5 Rekomendasi Link Situs Jurnal Ilmiah untuk Referensi, Mahasiswa Wajib Tahu!

Infokampus.news, Nasional – Situs Jurnal Ilmiah sangat dibutuhkan dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh dosen. Sebagai referensi agar data valid maka dibutuhkan Jurnal Ilmiah untuk mengerjakannya.

Apalagi mahasiswa tingkat akhir yang sedang pusing mengerjakan skripsi. Tentu saja memerlukan banyak referensi dari jurnal ilmiah untuk skripsinya.

situs jurnal ilmiah

Pengerjaan tugas kuliah akhir tentunya sangat membutuhkan referensi daftar pustaka dari sumber yang valid.

Sumber pustaka atau referensi dapat diambil dari koleksi buku ilmiah atau kumpulan skripsi dan buku penelitian yang tersimpan di arsip perpustakaan.

Beragam situs jurnal ilmiah kini telah menjadi alternatif. Selain bisa diakses di mana saja dan kapan saja situs jurnal ilmiah juga bisa diakses secara gratis sesuai bidamg keilmuan untuk referensi tugas kuliah.

Jurnal ilmiah merupakan referensi yang penting untuk karya ilmiah. Bukan hanya mahasiswa akan tetapi para peneliti juga membutuhkan jurnal ilmiah untuk menjadi acuan penelitian mereka.

Jurnal ilmiah berisi tentang penelitian-penelitian terdahulu yang sudah teruji dan dikaji kebenarannya. Sehingga para peneliti yang baru dapat menjadikannya sebagai acuan dalam melakukan penelitian.

Meskipun begitu, untuk memastikan situs jurnal tersebut memuat penelitian yang kredibel atau tidak.

Hal itu dapat terlihat dari domain yang digunakan yang bersangkutan khusus untuk akses bidang pendidikan, misalnya: ac, .edu, .gov, dan org.

Beragan situs Jurnal Ilmiah, namun hanya beberapa situs  saja yang terkenal di kalangan mahasiswa. Sehingga pencarihan jurnal ilmiah hanya terbatas pada situs tersebut.

situs jurnal ilmiah

Untuk Kamu yang sedang mengerjakan tugas atau sedang mengerjakan tugas akhir, jangan khawatir. Dilansir dari suaramerdeka.com, berikut ini merupakan rekomendasi situs jurnal yang dapat kamu gunakan untuk mencari referensi tugas kamu.

Rekomendasi Situs Jurnal Ilmiah
  1. Google Scholar

https://scholar.google.com/

  1. GARUDA (Garba Rujukan Digital)

https://garuda.ristekbrin.go.id

  1. DOAJ (Directory of Open Access Journals)

https://doaj.org/

  1. Microsoft Academic

https://academic.microsoft.com/

  1. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas)

https://e-resources.perpusnas.go.id/

  1. Dimensions

https://app.dimensions.ai/discover/publication

  1. Sinta

https://sinta.kemdikbud.go.id/journals

  1. ISJD LIPI

https://isjd.pdii.lipi.go.id/

  1. Science Direct

https://www.sciencedirect.com/

  1. ProQuest

https://www.proquest.com/

Nah, itu adalah 10 rekomendasi situs jurnal ilmiah yang sudah teruji dan dikaji kebenarannya. Maka dari itu  jangan hawatir, dan selamat mengerjakan tugas~

Leave a Reply

Your email address will not be published.