5 Tips Hemat untuk Mahasiswa Rantau, Outcome Dijamin Menipis!

Infokampus.news, Nasional – Seringkali merasa kerepotan dalam mengatur uang, mungkin tips hemat untuk mahasiswa rantau ini dapat membantumu dalam mengatur pengeluaranmu.

Menjadi mahasiswa rantau adalah sebuah tantangan bagi seorang mahasiswa yang masih menunggu jatah bulanan dari orang tua.

Pengeluaran yang terkendali bisa saja terjadi karena berbagai macam faktor seperti gaya hidup, pertemanan, dan kondisi lingkungan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Menjadikan tantangan tersendiri bagi mahasiswa rantau. Tips hemat di bawah ini dapat membantumu untuk mengatasinya.

Menjadi mahasiswa rantau menjadi tantangan tersendiri. Jauh dari orang tua dan mengandalkan income dari kiriman orang tua dan harus memutar otak setiap hari agar uang bisa cukup sampai akhir bulan.

Tapijangan khawatir di bawah ini adalah tips hemat untuk mahasiswa rantau untuk menekan pengeluarab yang bisa kamu aplikasikan ke kehidupan sehari-harimu agar dompetmu tetap tebal hingga akhir bulan. Yang terpenting kamu merasakan tenang karena kamu masih mempunyai sisa uang.

Tips Hemat untuk Mahasiswa Rantau

  1. Cari Teman yang Pengertian

tips hemat

Sudah bukan rahasia lagi bahwa gaya hidup seseorang banyak dipengaruhi oleh lingkungan sekitarnya, termasuk teman. Mencari teman yang pengertian dan sevisi adalah tips hemat pertama untuk menekan pengeluaranmu.

Hidup diperantauan hidup jauh dari orang tua dan hanya mengandalkan kiriman orang tua harus mengesampingkan gengsi. Tips hemat lainnya kamu bisa mengajak temanmu yang menurutmu sevisi di tempat kost yang sama agar biaya kos bisa dipangkas karena biaya akan dtanggung bersama dengan temanmu.

  1. Masak Makananmu Sendiri

tips hemat

Hal yang perlu diperhatikan dalam tips hemat kali ini adalah jangan gengsi. Kebiasaan komsutif seperti makan ditempat café kekinian atau tempat yang lebih hype hanya untuk mengejar eksistensi di media sosial, memesan makanan melalui online shop agar lebih efisien dan tidak repot. Kebiasaan seperti ini yang seharusnya diganti.

Cobalah memasak makananmu sendiri dengan bahan-bahan yang seadanya kamu bisa mengkreasikan berbagai menu. Memasak dapat menekan pengeluaranmu. Coba bandingkan harga makanan pada saat kamu memesan di café dan pada saat memesan online dengan harga bahan masak akan jauh berbeda bukan? Dengan memasak bahannya dapat kamu simpan untuk dimasak keesokan harinya. Dengan begitu kamu akan mengirit pengeluaran bulanan.

Walaupun kamu tidak memiliki keterampilan dalam memasak, saat ini sudah terlalu banyak tutorial, resep masak yang bertebaran di internet. Sebagai mahasiswa sudah pastinya bisa mengoperasikan teknologi bukan?

Dengan memanfaatkan teknologi yang ada kamu bisa belajar,untung-untung kamu bisa memasak dan menjualnya. Tidak harus yang ribet cukup sederhana saja, menjual kue misalnya, bukannya makin menipis dompetmu akan bertambah tebal.

  1. Bedakan antara Kebutuhan atau Keinginan

tips hemat

Tujuan utama seorang mahasiswa adalah menimba ilmu. Akan tetapi sebagai manusia biasa tentu saja tak luput dari hawa nafsu. Seringkali menginginkan sesuatu untuk dibeli. Akan tetapi dibalik itu ada kebutuhan sehari-hari yang harus dipenuhi. Setiap kali akan membeli sesuatu akan dibingungkan antara kebutuhan dan keinginan.

Jadi, prioritaskan yang semestinya diprioritaskan. Penuhi kebutuhan yang primer dulu. Sesekali self-reward pada dirimu, misalnya beli yang menjadi keinginanmu. Akan tetapi anggaran tetap diperlukan agar pengeluaran tidak membengkak dan tetap terkontrol.

  1. Sederhana

tips hemat

Kualitas seseorang tidak ditentukan oleh apa yang ia kenakan. Menjadi sederhana tidak mengurangi nilai intelektualmu sebagai seorang mahasiswa yang berpendidikan tinggi.

Dengan sederhana kamu dapat menunjukkan kualitass dirimu karena akan terlihat bijaksana tetang apapun dan menghargai apapun yang kamu punya.

Karena prinsip hidup sederhana akan membangun karaktermu sebagai manusia yang selalu mensyukuri nikmat yang diberikan Tuhan padamu.

  1. Menabung

tips hemat

Menabung adalah salah satu cara untuk mempersiapkan finansial yang bagus di masa depan. Dengan menyisakan uang akan sangat berguna jika suatu saat kita membutuhkan biaya yang tak terduga.

Setidaknya menyisihkan 3-5% uang bulanan untuk ditabung. Hasil dari tabungan tersebut bisa kamu gunakan untuk membeli apa yang kamu inginkan di masa depan atau mungkin bisa membantu orang lain yang membutuhkannya.

Nah itu adalah tips hemat untuk mahasiswa rantau agar outcome selalu terkontrol dan pengeluaran tidak membengkak. Karena sangat penting bagi mahasiswa rantau untuk selalu mengontrol pengeluaran agar tidak keteteran tentang kebutuhan hidup di tanah rantau. Semoga membantu, dan selamat mencoba~

Leave a Reply

Your email address will not be published.