5 TIPS LOLOS SELEKSI SNMPTN 2020, SIMAK YA!

INFOKAMPUS.NEWS – Hai calon mahasiswa baru 2020, ada tiga jalur yang bisa kamu pilih untuk bisa masuk ke perguruan tinggi Negeri (PTN) favorit. tiga cara tersebut yakni Seleksi Nasional Masuk PTN  atau yang biasa dikenal (SNMPTN), seleksi bersama masuk PTN (SBMPTN) serta ujian mandiri yang dilakukan pihak PTN.

Bagi siswa SMA dan sederajat tingkat akhir berprestasi dengan nilai di atas rata-rata, memiliki kesempatan untuk masuk PTN lewat jalur SNMPTN. berbeda dengan SBMPTN atau ujian mandiri. SNMPTN ini tanpa melalui tes loh! jadi nilai yang diambil berdasarkan prestasi akademik portfolio calon mahasiswa.

Hanya saja, syarat lolos SNMPTN ternyata tak bisa hanya bergantung pada ranking satu yang selama ini kamu dapat. ada sejumlah faktor lain yang turut menentukan apakah kamu bakal lolos SNMPTN atau tidak.

Rapor yang digunakan adalah semester satu sampai dengan semester lima bagi SMA/SMK/MA dengan masa belajar tiga tahun, atau semester satu sampai dengan semester tujuh bagi SMK dengan masa belajar empat tahun. jadi dilihat melalui riwayat prestasi akademik sekolah. 

Baca Juga :  7 Peluang Karir Jurusan Agroekoteknologi

“Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), memiliki prestasi unggul dan rekam prestasi akademik di PDSS,” menurut laman resmi LTMPT.

Daya tampung setiap program studi (prodi) yang disediakan untuk mahasiswa baru jalur SNMPTN ditetapkan paling sedikit 20 persen dari daya tampung prodi tersebut. sedangkan SBMPTN ditetapkan 40 persen. jadi yang kedua  bisa dilihat dari daya tampung kuota setiap prodi.

Walau ranking kamu di sekolah selalu nomor satu, bukan jaminan kamu bakal lolos di SNMPTN. ingat kamu memiliki pesaing kali ini. bisa saja persentase peluang masuk SNMPTN memang cukup besar mengingat tak semua siswa bisa ikut jalu ini. namun pesaing kamu juga juara kelas semua.

“memberikan kesempatan kepada siswa SMA/SMK/MA di dalam dan luar negeri (Sekolah Republik Indonesia / SRI) yang memiliki prestasi unggul untuk menempuh pendidikan tinggi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) termasuk Universitas Terbuka atau UT (sebagai Pilot Project untuk 2 program laman resmi LTMPT.

Baca Juga :  Agroekoteknologi UB Punya Kuota Terbanyak di SNMPTN 2021, Ini Ulasannya

Selanjutnyam Pikirkan bila lintas jurusan. siswa perlu mempertimbangakan kemampuan dan aturan dari PTN yang dituju. setiap eprguruan tinggi memiliki aturan lintas jurusan yang perlu kamu ketahui. misalnya saja di Universitas Indonesia (UI), anak IPA boleh lintas jurusan mengambil prodi soshum, tetapi anak IPS / Bahasa tidak boleh mengambil jurusan saintek. jadi, jangan sampai kamu gagal ‘hanya’ karena lintas jurusan.

Terakhir, Baiknya kamu tidak asal memilih prodi hanya karena peluangnya besar atau gengsinya besar. sebab, jika kamu diterima di SNMPTN, otomatis kamu harus mengambilnya dan tidak bisa ikut SBMPTN. perlu diingat kuliah tidaklah sebentar. jangan sampai selama kuliah kamu jenuh karea prodi dipilih tidak sesuai dengan hati. (Edt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *