6 Hal Ini Perlu Kamu Perhatikan Saat Ingin Kuliah Ke Luar Negeri!

Infokampus.news – Kamu ingin belajar ke luar negeri tapi kamu masih ragu-ragu? Nah, sebelum memutuskan ada baiknya kamu pertimbangkan nih 8 hal ini. Hal dibawah ini yang biasa dipertanyakan oleh para pelamar studi di luar negeri jadi mungkin hal-hal di bawah yang akan kita bahas ini bisa membuat kamu lebih mantap mengambil studi di luar negeri.

1.Kira-kira untuk bisa kuliah ke luar negeri apa yang perlu saya persiapkan?

kuliah ke luar negeri

– Persiapkan niat dan mental
– Persiakan seluruh materi yang menjadi persyaratan (IPK minimal, skor IELTS)
– Siapkan berkas-berkas pendukung lainnya
– Mantapkan pilihan Jurusan, Universitas, dan Negara mana yang ingin dipilih.

Pertanyaan semacam ini sama dengan persiapan orang berkuliah di dalam negeri, hanya daerah tempat kita merantau lebih jauh, dan kita menemui orang-orang yang sangat asing dalam hidup kita. Persiapan yang harus dilakukan tentu akan sangat kompleks.

2.Saya dari keluarga kurang mampu, apakah saya bisa kuliah ke luar negeri?

kuliah ke luar negeri

Well, ini tergantung kepercayaan diri kita atas kemampuan yang kita miliki ya! Ada 1001 cara yang dapat kita lakukan untuk menciptakan semua impian kita. Pertanyaan sebenarnya adalah apakah kamu mau untuk berusaha atau tidak?

Karena ada banyak sekali beasiswa yang menggratiskan biaya pendidikan bahkan memberikan uang bulanan untuk meng-cover kebutuhan para penerima beasiswa. Informasi mengenai beasiswa tersebut juga sangat melimpah di internet. Jadi, gunakanlah kesempatan ini semaksimal mungkin!

3.Untuk LoA bisa saya peroleh dimana ya?

kuliah ke luar negeri

LoA atau Letter of Acceptance merupakan sebuah surat resmi yang dikeluarkan oleh Universitas di mana kita mendaftar yang berisi pemberitahuan resmi bawasannya kita telah diterima di universitas tersebut. Karena LoA tersebut ialah surat keputusan diterimanya kita, maka cara mendapatkannya pastinya ialah dengan mendaftar ke universitas terkait. Tentukan jurusan apa yang menjadi minat kita, kemudian cari universitas terbaik yang memiliki jurusan seperti yang kita inginkan, baru kemudian lihat universitas tersebut berada di negara mana, karena hal yang yang tidak kalah penting mempertimbangkan negara tujuan tempat melanjutkan kuliah

4.Bagaimana kalau saya tidak bisa mengikuti mata kuliah yang diajarkan?

kuliah ke luar negeri

Untuk permasalahan ini kita tidak perlu khawatir, apabila kita sudah diterima itu berarti pihak yang menerima kita sudah memperkirakan bahwa kemampuan kita bisa untuk mengikuti perkuliahan tersebut. Lagi pula, apabila kita mendaftar pada suatu bidang studi yang kita minati, kita pasti juga akan dengan senang hati mempelajari ilmu tersebut tanpa beban. Kita harus yakin dan percaya pada kemampuan yang kita miliki!

5.Bagaimana caranya agar tetap dapat memperoleh prestasi yang gemilang di universitas luar negeri? 

kuliah ke luar negeri

Apabila kita sudah mampu menempuh kuliah di luar negeri pada sebuah universitas ternama, itu sudah merupakan hal yang membanggakan, apa lagi kalau kita juga dapat memperoleh prestasi gemilang, tentu kita juga akan mengharumkan nama Indonesia dari luar Indonesia. Menarik bukan? Cara yang dapat dilakukan sebenarnya hampir sama dengan cara yang kita lakukan jika ingin memperoleh prestasi di manapun kita berada. Tetap berikan semaksimal mungkin dan yang terbaik dari yang kita bisa.

6.Mengapa kuliah di luar negeri menjadi begitu penting untuk dilakukan?

kuliah ke luar negeri

Di zaman yang serba maju seperti ini, pendidikan menjadi hal yang sangat penting untuk dimiliki seluruh lapisan manusia tidak perduli/terpaku pada latar belakang ekonomi keluarga tersebut. Pendidikan menjadi alat untuk berperang secara cerdas dengan negara-negara maju di luar sana. Dan dengan pendidikan, kita dapat menjadi bangsa yang maju. Pendidikan bukan semata-mata dicari ijazahnya guna melamar pekerjaan pada sebuah perusahaan dan institusi.

Baca Juga :

Tetapi lebih kepada merubah mindset/cara berpikir manusia menjadi lebih maju dan berinofasi tinggi sehingga tidak kalah dengan negara yang lain. Sebenarnya menempuh kuliah di Indonesia juga sudah merupakan prestasi yang bagus untuk diraih, karena faktanya banyak universitas di Indonesia yang terpandang dan diakui oleh dunia. Namun bagi orang yang ingin menerima tantangan, berkuliah di luar negeri menjadi hal yang sangat menggugah semangat.

Nah, itu tadi beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat akan belajar ke luar negeri ya. Jangan siakan kesempatan yang ada, semoga berhasil! (ir)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ini Sejarah PIMNAS Yang Perlu Kamu Ketahui!

Berawal ada tahun 1980 di Kampus Universitas Indonesia (UI), keinginan para mahasiswa untuk berkreasi dapat diwujudkan

Close