6 PTN di Indonesia Yang Menyediakan Jalur Masuk Prestasi

Infokampus.news – Tak terasa tinggal satu semester lagi, kita akan memasuki tahun pelajaran baru 2017/2018. Kalian para calon mahasiswa baru tentu berlomba-lomba ingin masuk ke perguruan tinggi idaman. Selain masuk melalui jalur undangan SNPTN ataupun tes tulis SBMPTN, bagi kamu yang punya kelebihan di luar kemampuan akademis, bisa lho masuk kuliah melalui jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK). Berikut beberapa kampus di Indonesia yang menyediakan jalur penerimaan melalui PMDK.

  1. Universitas Gadjah Mada (UGM

Kampus ini menyediakan 2 jalur seleksi penerimaan melalui prestasi yakni PBUB dan PBOS. PBUB (Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi) merupakan jalur seleksi bagi bagi pelajar yang memiliki prestasi akademik dan bidang IPTEK. Misalnya pernah menjuarai olimpiade di bidang ilmu pengetahuan tingkat nasional atau finalis tingkat internasional. Pencapaian tersebut akan disesuaikan dengan prohram studi yang dipilih ditunjukkan dengan sertifikat kejuaraan.

Sedangkan PBOS atau Penelusuruan Bakat Olahraga dan Seni adalah jalur seleksi yang diperuntukkan bagi siswa yang menjuarai kompetisi seni dan olahraga tingkat propinsi, nasional, dan finalsi tingkat internasional.

Bidang olahraga yang dimaksud adalah,

  • Bidang olahraga : atletik, bola basket, bola voli, bulutangkis, bridge, catur, hoki, judo, karate, kempo, pencak silat, renang, ssepak bola/futsal, softball/baseball, taekwondo, tenis lapangan, teni meja
  • Bidang seni : fotografi, marching band, orchestra, paduan suara, seni lukis, teater, seni tari gaya Yogya, seni tari gaya Surakarta, seni tari Bali, dan senitari kreasi baru.
  1. Universitas Negeri Semarang (UNNES)

UNNES menyediakan seleksi masuk melalui mandiri atau SM-UNNES. Jalur ini diperuntukkan bagi jenjang S1 yakni Seleksi Mandiri Jalur Prestasi (tanpa ujian tertulis). Sedangkan jenjang D3 harus melalui ujian tertulis. Jalur seleksi ini didasarkan pada kemampuan ujian keterampilan khusus untuk calon mahasiswa yang memilih program studi olahraga atau seni.

  1. Universitas Sebelas Maret (UNS)

Kampus di Surakarta, Jawa Tengah ini menyediakan jalur penerimaan melalui penelusuran minat bakat (PMDK) namun hanya diperuntukkan bagi diploma. Yakni melalui jalur PMDK UNS (tanpa ujian tulis) yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa berprestasi selama di tingkat SMA. Sedangkan jalur ujian tertulis diperuntukkan bagi calin mahasiswa yang berprestasi dan kurang berprestasi di SMA.

  1. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)

ITS memiliki jalur penerimaan UMDESAIN ITS, yaitu ujian masuk sarjana S1 khusus Jurusan Desain Produk Industri ITS untuk menyeleksi calon mahasiswa baru ITS yang berpotensi dan memiliki kreativitas untuk menempuh pendidikan akademik bidang Desain Produk dan Desain Komunkasi Visual. Jadi kalian yang punya kemampuan di bidang seni dan desain jangan sia-siakan jalur yang satu ini ya.

  1. Institut Pertanian Bogor

Kampus yang terletak di Bogor, Jawa Barat ini membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui Ujian Prestasi Internasional-Nasional (PIN) IPB. Jalur pendaftaran PIN IPB diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang mempunyai prestasu nasional maupun internasional sesuai bidang kajian ilmu yang akan ditempuh. Setidaknya selama bersekolah di SMA/sederajat calon mahasiswa pernah menjadi finalis lomba tingkat internasional, nasional, karya ilmiah, ataupun olimpiade Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, dan Informatika. Jika kamu tidak memenuhi kualifikasi tersebut, ada jalur Ujian Talenta Masuk IPB (UTMI), yakni jalur penerimaan mahasiswa baru IPB yang berbasis kepemimpinan, kewirausahaan, dan cinta pertanian.

  1. Universitas Hasanuddin (UNHAS)

Ada dua jalur ujian yang disediakan UNHAS untuk calon mahasiswa baru yakni jalur PM-JNS UNHAS atau Penerimaan Mahasiswa Jalur Non-Subsidi yakni jalur seleksi mandiri yang diadakan oleh Universitas Hasanuddin untuk calon mahasiswa yang mempunyai prestasi akademis di samping punya kemampuan finansial. Sedangkan jalur yang kedua adalah POSK UNHAS atau Penelusuran Prestasi Olahraga, Seni, dan Keilmuan yakni jalur seleksi mandiri untuk menjaring calon mahasiswa yang punya prestasi akademik, olahraga, seni, ataupun keilmuan.

Selain keenam universitas tersebut, adapun sejumlah universitas swasta yang membuka jalur penerimaan mahasiswa melalui prestasi atau PMDK. Beberapa diantaranya yaitu Universitas Gunadarma (UG), Binus University, Universitas Jenderal Achmad Yani (UNJANI), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Universitas Narotama (UNNAR), Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM), Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI), Universitas Ahmad Dahlan (UAD), dan sejumlah universitas lain.

Penulis : Galuh – Infokampus.news

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dianggap “Tidak Laku” , Jurusan Kuliah ini Dibutuhkan Perusahaan Besar!

Padahal ada juga jurusan yang tidak menarik, tapi dibutuhkan perusahaan besar dan bisa memberikan masa depan yang menjanjikan.

Close