7 Contoh Pertanyaan Saat Wawancara Beasiswa, Cek Disini!

wawancara beasiswaInfokampus.news, Nasional – Sering kali tahap wawancara beasiswa akan menentukan apakah kamu akan menerima beasiswa atau tidak. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui dan mempelajari pertanyaan yang diajukan saat wawancara beasiswa.

Wawancara untuk keperluan beasiswa ini bertujuan untuk menilai kepribadian dan meyakinkam bahwa apa yang ditulis dalam data pendaftar sesuai dengan faktanya. 

Bagi mahasiswa yang berencana mendaftar beasiswa, perlu tahu tips suksesnya. Mengetahui banyak tips penting agar saat mengikuti wawancara beasiswa, mahasiswa bisa lebih tenang.

 

Contoh Pertanyaan Wawancara Beasiswa 

Salah satu tahapan dari seleksi beasiswa yang harus kamu lalui adalah tahap wawancara. Tahapan yang satu ini dianggap sebagai sesi paling penting dan yang menentukan keberhasilanmu dalam beasiswa yang akan kamu lamar. 

Oleh karena itu, kamu harus mempersiapkan persiapan wawancara ini dengan baik dan teliti. Di bawah ini ada beberapa pertanyaan wawancara yang sering diajukan ketika melamar beasiswa

 

  1. Ceritakan Tentang Dirimu

wawancara beasiswaPertanyaan paling umum yang diajukan dalam wawancara beasiswa adalah tentang diri Anda sendiri. Namun, pertanyaan ini tidak menyiratkan informasi personal dan formal seperti yang ditulis di resume atau CV.

Melalui ini, kamu diminta untuk menceritakan keunikan dan kelebihan dirimu yang membuat kamu berbeda dari pelamar lainnya.

Untuk menjawab pertanyaan ini, kamu bisa menjawab dengan hal-hal yang sedang kamu lakukan. Misalnya saja kamu kegiatan saat ini kamu sedang aktif dalam membuat blogging, nah, kamu bisa menceritakan hal terkait dengan kegiatan yang sedang kamu lakukan tersebut. 

Kamu juga bisa menceritakan tentang hobi kamu yang unik. Intinya, sebisa mungkin hal yang menarik dari dirimu tapi ingat, harus tetap relevan dengan kebutuhan beasiswa.

  1. Jelaskan Tentang Kelebihan dan Kekuranganmu

wawancara beasiswaSelain menceritakan tentang diri, pertanyaan yang paling sering keluar saat sesi wawancara adalah tentang kelebihan dan kekurangan diri Anda. Pertanyaan ini diajukan untuk melihat seberapa jauh mengenal dirimu sendiri.

Biasanya pewawancara akan melihat apakah kamu bisa jujur​​​tentang kelebihan dan kekurangan dirimu. Kamu akan membutuhkan jawaban yang rumit untuk menjawab pertanyaan ini terutama di bagian yang menjelaskan tentang kekurangan.

Kamu bisa menjawabnya dengan menyatakan kelebihan diri secara jujur​​​disertasi contoh kasus yang membuktikan hal tersebut. Ingat, kamu harus mengatasi kekurangan diri tapi jujur​​hal ini disertai dengan bagaimana cara kamu.

  1. Ceritakan Tentang Kegagalan atau Kesalahan Yang Pernah Terjadi

pertanyaan yang sering ditanyakan lainnya adalah tentang kegagalan atau kesalahan yang pernah dilakukan. Pertanyaan ini biasanya untuk melihat bagaimana kamu menyikapi kegagalan atau kesalahan.

Pastinya selama menempuh Pendidikan, kamu pernah mengalami yang namanya kegagalan.Para pewawancara juga ingin tahu apa yang kamu dapatkan dari kegagalan tersebut.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut kamu bisa menceritakan kesalahan-kesalahan yang pernah kamu buat. Hal ini bisa seperti gagal juara satu atau kalah dalam pertandingan olimpiade. Jangan lupa juga untuk ceritakan bagaimana kamu memperbaiki kesalahanmu dan cara menghadapi kegagalan tersebut.

 

  1. Rencanamu dalam 10 Tahun Kedepan

wawancara beasiswDi pertanyaan ini, pewawancara ingin mengetahui apakah kamu sudah rencana hidup dalam jangka panjang.Mereka ingin melihat apakah kamu memiliki gambaran tentang rencana tersebut dan bagaimana cara kamu mengeksekusinya.

Untuk menjawab pertanyaan ini kamu lakukan bisa menjelaskan tentang apa saja yang ingin kamu lakukan dan apa yang sedang kamu lakukan saat ini mengarah pada rencana tersebut.

 

  1. Kenapa Kamu Layak bisa diberi Beasiswa ini?

Pertanyaan ini biasanya menjadi pertanyaan penutup dalam wawancara beasiswa.Jika kamu telah sampai di tahap wawancara ini, biasanya kamu sudah hebat dan memiliki poin lebih yang diinginkan oleh pemberi beasiswa.

Di ini, kamu perlu mencari wawancara jika kamu layak diterima dan hal apa yang kamu tawarkan jika dipilih.

  1. Hal yang Kamu Lakukan di Sekolah Selain Belajar

Pertanyaan jenis ini biasanya untuk memberikan gambaran Anda ke pewawancara seberapa aktifkah kamu dalam kegiatan di sekolah. Banyak program beasiswa yang lebih disukai siswa atau mahasiswa yang aktif, baik dalam komunitas atau klub di bidang minat dan bakat.

Pertanyaan tersebut juga untuk memberikan gambaran pada wawancara kalau kamu memiliki kepribadian yang baik dalam bersosialisasi. 

Untuk menjawab pertanyaan ini, kamu bisa menjawabnya dengan menceritakan tentang klub atau komunitas yang kamu geluti. Kamu juga harus menceritakan tentang kegiatan dan kontribusi kamu di dalamnya

  1. Setelah dapat beasiswa dan lulus, apa yang akan kamu lakukan?

Melalui pertanyaan yang satu ini, pewawancara sebenarnya ingin mengetahui apa kontribusi yang akan Anda berikan kepada lingkungan di sekitar.Misalnya, apa yang akan kamu berikan ke masyarakat dan negara, apa yang akan kamu lakukan setelah lulus, dan bagaimana cara kamu dapat membuat kontribusi tersebut.

Untuk menjawab pertanyaan ini, kamu harus sangat jelas dan merencanakan dengan matang berkontribusi masa depan kamu sesuai bidang studi yang kamu dalami dan visi lembaga pemberi beasiswa. Selain itu, juga langkah apa yang kamu ambil untuk merealisasikan rencana kontribusi tersebut.

 

Itulah 7 pertanyaan umum wawancara yang harus kamu persiapkan dengan baik.Pastikan kamu telah banyak berlatih untuk wawancara agar bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan nanti dengan tenang. 

 

(Mewinsta)

Leave a Reply

Your email address will not be published.