7 Tips Jitu Atasi Mual Karena Mabuk Perjalanan Saat Mudik

Menjelang lebaran, banyak orang pasti sudah mempersiapkan perlengkapan dan keperluan mudik. Pulang ke kampung halaman pasti menjadi salah satu budaya saat lebaran. Tapi terkadang mudik juga penuh tantangan, salah satunya adalah mengalami mabuk perjalanan.

Jika kamu atau anggota keluarga termasuk yang sering mengalaminya, maka kamu perlu membaca tips berikut ini, agar bisa mengatasi mabuk perjalanan saat mudik nanti.

  • Posisi Duduk

    Jika kamu naik kapal laut, maka pilih kabin tengah agar saat kapal bergoyang, kamu tetap merasa nyaman. Namun terkadang ada juga yang lebih baik melihat ke luar jendela dan terkena angin saat naik kapal agar tak terasa makin pusing. Ambil posisi menghadap ke depan atau duduk saja di bagian luar kabin, jadi kamu bisa melihat pemandangan.

    Jika naik bis, usahakan dapat tempat duduk yang menghadap depan dan di samping sopir, atau di samping jendela. Jika naik kereta usahakan dapat  tempat duduk satu arah dengan jalannya kereta. Rilekslah saat duduk, jangan terlalu tegang dan berpikir mabuk, karena hal ini justru membuatmu gampang mual.

  • Sarapan

    Penting sarapan dulu sebelum berangkat perjalanan jauh. Jangan biarkan perut kosong karena lambung justru akan memproduksi asam yang berlebihan. Hal inilah yang akan membuatmu cepat merasa mual dan mabuk. Tapi juga jangan terlalu banyak makan. Makan dalam porsi sedang.

  • Pilihan Makanan

    Hindari makan makanan berlemak, produk susu atau jus yang terasa asam. Sangat dianjurkan mengonsumsi teh hangat atau wedang jahe hangat untuk mencegah rasa mual. Kamu juga bisa mengunyah permen jahe atau mint yang segar untuk menghilangkan rasa enek.

  • Jangan Membaca

    Jika kamu kira dengan membaca buku berarti kamu bisa mengalihkan rasa mual dan pusing di dalam kendaraan, kamu salah. Baca buku justru akan membuat kamu mudah merasa mual. Jika jenuh, dengarkan musik dan nikmati pemandangan hijau di luar jendela mobil.

  • Cukup Udara

    Pastikan kamu mendapat udara cukup di dalam kendaraan, udara pengap dan berbau campur aduk adalah pemicu utama rasa mual dan mabuk perjalanan. Duduk dekat jendela, pilih kendaraan AC, cari tempat longgar dan lain sebagainya.

  • Tidur

    Tidur dalam perjalanan akan sangat membantu mengalihkan rasa pusing dan mual saat perjalanan. Posisikan tubuh dalam keadaan rileks, baik itu duduk atau berbaring. Jika perlu bawalah sebuah bantal traveling yang nyaman dan mudah dibawa-bawa.

  • Minum obat anti-mabuk

    Cara terakhir ini paling ampuh. Minum saja obat anti mabuk. Namun risikonya, kamu akan mudah mengantuk. Jika melakukan perjalanan jauh sendirian, sebaiknya kamu hindari. Jika membawa barang-barang berharga dan kamu tertidur lalu tasmu digeledah dan dicuri, kamu bisa jadi tidak tahu.

Itu dia sekian tips mengatasi mabuk perjalanan saat mudik lebaran nanti. Kunjungi terus Infokampus.news karena akan ada tips seputar mudik Ramadan 2016. Semoga perjalanan ke kampung halaman lancar dan menyenangkan ya Sobat Fokus. (FA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tips Nyaman Mudik Lebaran dengan Kendaraan Pribadi Bagi Mahasiswa

Tips Nyaman Mudik Lebaran dengan Kendaraan Pribadi Bagi Mahasiswa - Mudik lebaran merupakan suatu tradisi setiap tahunnya. Pastikan sebelum mudik harus

Close