8 Tahapan Jalur Pendaftaran UTBK SBMPTN 2020, Simak Ya!

INFOKAMPUS.NEWS – UTBK merupakan tes masuk ke perguruan tinggi yang dilaksanakan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). sehingga agar bisa mengikuti proses UTBK hingga SBMPTN, siswa perlu membuat akun LTMPT sebagai langkah awal.

Sejak tahun 2019, SBMPTN menggunakan hasil UTBK saja atau hasil UTBK ditambah dengan kriteria lain yang ditetapkan bersama PTN. dengakn kata lain, siswa yang akan mendaftar perguruan tinggi Negeri (PTN) melalui SBMPTN harus mengikuti UTBK terlebih dahulu.

Agar siswa tidak terhambat kendala mendaftar UTBK SBMPTN, beirkut penjelasan tahapan pendaftaran UTBK 2020 yang perlu diketahui;

Pertama, Registrasi akun LTMPT. setiap siswa yang akan mendaftar SNMPTN, UTBK dan SBMPTN wajib melakukan registrasi LTMPT. untuk proses registrasi akun UTBK SBMPTN dimulai pada 07 Februai – 05 April 2020 di laman https://portal.ltmpt.ac.id.

Kedua, Login. setelah registrasi akun LTMPT, siswa ahrus melakukan login menggunakan username atau email dan password ke laman https://protal.ltmpt.ac.id

Ketiga, Verifikasi. Pilih menu ‘Verifikasid an Validasi data Siswa’ lalu isi biodata, unggah foto berwarna paling baru dan verifikasi biodata. pastika kamu menggunakan foto berwarna terbaru dalam bentuk digital ya.

Baca Juga :  10 Skill Fresh Graduate yang Harus Dimiliki, Memudahkan Untuk Diterima Kerja

Keempat. Pendaftaran UTBK. setelahd data terisi dan terverifikasi, selanjutnya pilih menu “pendaftaran”. di menu ini, siswa diminta untuk mengisi lokasi pusat UTBK PTN jenis dan sesi ujian untuk emndapatkan slip pembayaran.

Kelima,  Bayar UTBK. setelah mendapatkan slip pembayaran, segera lakukan pembayaran melalui 3 bank yakni bank mandiri, bni, dan btn. pembayaran harus menggunakan slip pembayaran dan dilkukan paling lambat 1×24 jam setelah slip diterima. besaran biaya untuk kelompok ujian saintek dan soshum Rp 200.000 dan kelompok ujian campuran sebesar Rp. 300.000.

Keenam, Login ulang dan Cetak Kartu. Usai menerima bukti pembayaran sukses dari pihak bank, selanjutnya perlu segera melakukan login ulang ke https://portal.ltmpt.ac.id. lalu  pili menu ‘pendafatran UTBK’ untuk mencetak kartu UTBK. pastikan cetak kartu dengan printer berwarna. supaya kartu tidak rusak, masukkan kartu ke dalam plastik gantungan ujian dan simpan di tempat kering.

Ketujuh, catat jadwal ujian sesuai jadwal. selanjutnya siswa ahrus mengikuti UTBK sesuai dengan hari, tanggal, lokasi pusat UTBK PTN yang telah dipilih sebelumnya. agar tak lupa, baiknya sipakan reminder dari sekarang.

Baca Juga :  Ghost Writer 2 Akan Tayang di Bioskop Indonesia Mulai 21 Juli 2022, Simak Sinopsisnya!

Kedelapan, Siapkan kelengkapan dokumen untuk ujian. menurut rilis resmi LTMPT, saat ujian peserta juga perlu membawa dokumen. dokumen yang eprlu disiapkan dan dibawa peserta saat ujian UTBK yakni surat keterangan identitas pelajar dari sekolah, sekurang-kurangnya memuat ifnormasi jati diri dan foto berwarna terbaru yang bersangkutan dan dintandatangi oleh kepala sekolah dan dibubuhi cap stempel yang sah. (Edt)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.