9 Prospek Kerja Teknik Industri yang Menjanjikan, Calon Mahasiswa Baru Wajib Tahu!

Infokampus.news, Nasional – Prospek kerja teknik industri yang menjanjikan membuat program studi ini banyak diminati oleh calon mahasiswa baru.

Prospek Kerja Teknik Industri yang Menjanjikan

Teknik industri adalah bidang ilmu yang mempelajari bagaimana mengoptimasi kegiatan manusia seperti produksi, pengelolaan dan ekonomi.

Mahasiswa dengan jurusan teknik industri akan mempelajari sejumlah pengetahuan seputar teknik sistem dan industri, di antaranya adalah perancangan dan pengukuran kerja, penelitian operasional dan analisis, analisis ekonomi teknik, perancangan fasilitas dan energi manajemen kualitas dan teknik keandalan, ergonomi dan faktor manusia.

Selain itu, mahasiswa jurusan teknik industri juga akan belajar teknik dan manajemen operasional manajemen rantai pasokan atau supply chain, manajemen teknik, keselamatan atau safety, teknik informatika, teknik manufaktur dan desain, perancangan dan pengembangan produk serta teknik dan perancangan sistem.

Prospek Kerja Teknik Industri yang Menjanjikan

Berbagai keahlian yang ditawarkan oleh lulusan jurusan ini membuat prospek kerja teknik industri yang menjanjikan karena tentu saja banyak sektor yang membutuhkannya.

Berikut adalah daftar prospek kerja teknik industri yang menjanjikan dilansir dari akupintar.id:

Prospek Kerja Teknik Industri yang Menjanjikan

  1. Product Analyst

Jika kamu seorang Product Analyst, kamu akan menganalisis produksi, mengendalikan kualitas produksi, mengoptimalkan serta memelihara alat-alat produksi, mengendalikan produksi, hingga menilai keseluruhan produksi. Hasil analisamu nantinya akan berpengaruh pada efisiensi dan efektivitas produksi suatu industri.

  1. Engineering Manager

Sebagai seorang Engineer Manager, kamu tak hanya membuat rencana kerja, tapi juga mengatur sumber daya yang dibutuhkan dalam suatu proyek kerja.

  1. Project Management Analyst

Kamu akan bekerja dengan Project Manager untuk menganalisa efisiensi proses produksi.

  1. Project Manager

Sebagai seorang Project Manager, tanggung jawabmu serupa dengan Engineering Manager. Hanya saja, kamu akan mengatur tim yang lebih besar.

  1. Sales Engineer

Kombo pengetahuan teknik dan bisnis Teknik Industri akan membuatmu menjadi seorang Sales Engineer yang baik. Kamu memiliki product knowledge dan bisa mengeksplorasi detail produk, sehingga mampu menjelaskan kualitas dan kegunaan produk perusahaan dengan baik.

  1. Cost Control Engineer

Seorang Cost Control Engineer akan membuat kalkulasi biaya, tenaga, dan waktu yang diperlukan untuk menjalankan sebuah produksi.

  1. Health and Safety Environment Engineer

Tugasmu sebagai seorang Health and Safety Environment Engineer adalah menganalisa prosedur kerja dan lokasi serta dampaknya pada kesehatan dan keselamatan pekerja.

  1. Quality Control Engineer atau Quality Controller

Berada pada akhir atau hilir proses produksi, seorang Quality Control Engineer harus memastikan bahwa semua produk final telah memenuhi standar kualitas yang ditentukan.

  1. Logistic Specialist

Sebagai seorang Logistic Specialist, kamu akan menganalisa dan mengatur rantai pasokan produksi. Proses sedari datangnya bahan baku sampai distribusi ke konsumen seluruhnya berada dalam cakupan kerjamu.

Nah itu adalah prospek kerja teknik industri yang menjanjikan, semoga menambah pengetahuanmu dan membantu kamu dalam mempertimbangkan jurusan apa yang akan kamu pilih nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published.