9 Tips Menjawab Pertanyaan Dosen saat Sidang Skripsi

INFOKAMPUS.NEWS – Bagi mahasiswa tingkat akhir, menghadapi sidang skripsi seakan urusan hidup dan mati.Sebab seluruh kemampuan selama di perkuliahan biasanya benar-benar dipertanggungjawabkan dalam satu waktu yaitu sidang skripsi tersebut. Maka tak wajar bila setiap mahasiswa yang akan menghadapinya cenderung gugup tak karuan. Namun, jangan sampai hal tersebut menjadi penghalang sidang skripsi kali ini.

Dilansir melalui instagram semangatsubuh, berikut ini tips menjawab pertanyaan dosen saat sidang skripsi:

  • Ucapkan Terima Kasih

Tidak harus disertai dengan mengatakan “pertanyaan bapak/ibu bagus sekali”. lebih baik jawaban bisa dimulai dnegan mengulang pertanyaan secara singkat. misalnya saja terkait dengan metode yang dipakai dalam skripsi ini, ada dua yang utama bla bla.

  • Hindari Memulai Jawaban dengan Kesan Membantah atau Menentang

Meskipun pertanyaan dosen koadang memang sekedar menyalahkan. contoh awal jaraban yang kurang pas “tapi kan” atau “bukan begitu bu” atau “sebenarnya tidak demikian”.

  • Menjawab dengan Kesan Positif Meskipun saat Membantah

Contoh pada awalnya saya pun menduga demikian dari penelitian sebelumnya tapi setelah berkali-kali melakukan percobaan. ternyata ada perbedaan hasil. setelah melakukan analisis. ternyata perbedaan ini terjadi karena bla bla.

  • Mengatakan “tidak tahu” dengan cerdas
Baca Juga :  10 Skill Fresh Graduate yang Harus Dimiliki, Memudahkan Untuk Diterima Kerja

Misalnya, maaf penelitian ini tidak membahas aspek X sehingga saya tidak bisa menjelaskannya” atau “saya baru sadari bahwa aspek X punya pengaruh penting. sayang sekali, fokus penelitian ini adalah aspek A dan B saja pak.

  • Ngeles dengan Kreatif

Misalnya saja, “Mohon maaaf saya tidak memahami soal X tapi saya menemukan bahwa ada faktor lain yang juga sangat berpengaruh yaitu soal Y yang bla bla” padahal aslinya kamu nggak bisa jawab hehe.

  • Akan ada Pertanyaan Komprehensif yang Bersifat Mendasar

Tapi tidak terkait langsung dengan skripsi. untuk hal ini, kamu perlu menyiapkan beberapa hal penting. coba tanya kating yang pernah diuji dosen yang sama.

  • Saat kamu Tahu jawabannya, Fokus dan Utamakan Jawaban itu.

Lalu tambahi kembang-kembang pemain, jangan dibalik. (Edt)

Leave a Reply

Your email address will not be published.