Ada Jalur Selain SBNMPTN Untuk Masuk UIN

Infokampus.news, Malang – Jika selama ini masyarakat hanya mengenal dua proses untuk masuk perguruan tinggi negeri, yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), ternyata masih ada dua jalur resmi lainnya yang tidak banyak diketahui.

Dua jalur resmi tersebut adalah Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri  (UM-PTKIN) dan Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN PTKIN). Kedua seleksi itu dapat ditempuh para calon mahasiswa yang ingin memasuki perguruan tinggi keagamaan islam seperti UIN dan STAIN di seluruh negeri.

“Kalau universitas-universitas dan sekolah tinggi yang kontemporer seleksi masuknya yang resmi hanya SNMPTN dan SBMPTN, untuk perguruan tinggi yang berada di bawah Kementrian Agama ada lagi dua seleksi masuk yaitu UM-PTKIN dan SPAN PTKIN. Seleksi tersebut digelar dalam waktu yang berbeda,” terang Kabag Humas UIN Maulana Malik Ibrahim Dr. H Sutaman, MA.

Tidak Dipungut Biaya

Walau berbeda jenis seleksi, antara SNMPTN dan SBMPTN dengan SPAN PTKIN dan UM-PTKIN terdapat beberapa kesamaan. Yang pertama adalah tidak dipungutnya biaya dalam kedua kegiatan seleksi masuk perguruan tinggi SPAN PTKIN dan SNMPTN.

Yang kedua adalah sama-sama dapat ditempuh dari jalur beasiswa Bidikmisi. Dengan begitu, bagi para penerima beasiswa Bidikmisi dapat menempuh kedua jalur masuk tersebut tanpa harus ragu kehilangan kesempatan menerima beasiswa saat masuk perguruan tinggi.

Yang ketiga, para pendaftar kedua macam jalur itu memiliki kesempatan yang sama untuk masuk dalam perguruan tinggi keagamaan islam yang diinginkan. Dengan begitu para peminat tidak usah terikat dalam satu jalur seleksi saja.

“Mungkin yang berbeda Cuma waktu seleksi, jenis jurusan yang dapat diambil, dan materi yang diseleksikan. Untuk UM-PTKIN dan SPAN PTKIN ada beberapa materi yang terkait dengan ilmu keislaman,” terang Dr. H Sutaman, MA. (ART)

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UMPTKIN, Jalur Masuk Perguruan Tinggi Resmi Serupa SBMPTN

Di balik bayang-bayang ramainya pembahasan tentang SBMPTN, masih ada satu proses seleksi lagi yang memiliki kesempatan yang sama untuk masuk...

Close