Adakan Seminar Karir & Tracer Study, Widyagama Ajak Alumni yang Meraih Sukses di Usia Muda

Infokampus.news – Bertempat di Auditorium Kampus III Universitas Widyagama Malang, UPT P2K (Pusat Pengembangan Karir) menyelenggarakan  SEMINAR KARIR & TRACER STUDY, dengan Tema “Meraih Sukses di Usia Muda”.  Hadir dalam acara tersebut adalah Bapak Dr. Agus Tugas, ST.,MT., (Wakil Rektor III), Kepala Pusat Pengembangan Karir UWG (P2K) yakni Ibu Dra. Wiwin Purnomowati, MSi., Pengelola Tracer Study UWG (bapak Syahroni, ST.) serta pembicara / pemateri yakni bapak Andris Fajar Bachtiar, SH. selaku Deputy Director of General Financing, yang juga ALUMI FAKULTAS HUKUM UWG angkatan 2004.

Wakil rektor III, Dr. Agus Tugas, ST.,MT., yang mewakili rektor UWG dalam sebuah sambutannya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada mas Andris Fajar Bachtiar, SH., yang telah menyempatkan waktunya ditengah kesibukannya yang sangat ketat karena pekerjaannya sebagai Deputy Director of General Financing pada perusahaan asing, yang tentunya tidak mudah untuk bisa meluangkan waktu hadir di tengah-tengah kita di Kampus UWG ini.

Kepada para mahasiswa ku sekalian, inilah bukti bahwa Kampus Inovasi Universitas Widyagama Malang, mampu memberikan dan menghantarkan kalian semua menjadi orang-orang yang sukses, contohnya seperti mas Andris Fajar, dengan background pendidikan dari S1 Sarjana Hukum beliau mampu menjadi top manajer disebuah perusahaan asing. Tentu ini adalah menjadi kebanggan almamater kita ya Alumni UWG.

Melalui kegiatan Seminar Karir & Tracer Study ini nanti anda sekalian akan mendapatkan pencerahan dan tip bagaimana menjadi sukses setelah lulus dan bekerja di sebuah perusahaan bonafit atau menjadi top manajer. Jadi kalian harus bisa menjadi seperti alumni UWG yang sukses, buktikan bahwa kalian semua bisa menjadi seperti mas Andris Fajar ini. Selain itu juga ada penjelasan tentang tracer study yang akan disampaikan oleh ibu Dra. Wiwin Purnomowati, MSi. selaku Kepala P2K, bagaimana anda dapat meraih sukses di masa depan setelah lulus nanti, dengan bekal yang telah diberikan oleh ibu Wiwin melalui program kompetensi dan PMMB (Program Magang Mahasiswa Bersertifikasi).  Kiranya itu saja dari kami mewakili pimpinan rektor UWG, secara resmi acara seminar karir dan tracer study kami nyatakan dibuka.

Sebelum pembicara inti memberikan materinya, terlebih dahulu kepada P2K (Pusat Pengembangan Karir) Universitas Widyagama Malang, Dra. Wiwin Purnomowati, MS., memberikan penjelasan singkat tentang “TRACER STUDY”.  Hal ini penting untuk kebutuhan institusi / lembaga kita Universitas Widyagama Malang, untuk mengetahui/melacak bagaimana keberhasilan alumni setelah lulus dari UWG. Jadi kalian jangan bosan-bosan jika diminta oleh bu Wiwin selaku kepala P2K untuk mengisi data kuisioner kepada para alumni UWG diseluruh Indonesia. Berapa masa tenggang anda menjadi pekerja, atau menjadi pengusaha sejak anda lulus dari UWG Kampus Inovasi ini. Tentu kerja sama kalian sangat dibutuhkan dan mendukung kelancaran dalam penyusunan borang Tracer Study dalam akreditasi lembaga.

Selain itu P2K juga telah menandatangani nota kerjasama (MoU) dengan pemerintah dalam hal ini KEMENRISTEKDIKTI melalui program PMMB (Program Magang Mahasiswa Bersertifikasi) dengan BUMN, dari sekian ribu (3000 an PTN/PTS) se Indonesia 200 Perguruan Tinggi salah satunya Universitas Widyagama Malang mendapatkan program PMMB, dan kami beberapa waktu lalu telah menandatangani MoU tersebut. Untuk itu kepada para mahasiswa yang semester 6 keatas bisa mengikuti program PMMB ini dengan persyaratan yang telah ditentukan, diantaranya terdaftar sebagai mahasiswa aktif (ada KTM), mahasiswa reguler A atau mahasiswa Reguler B yang tidak bekerja, dan beberapa persyaratan lainnya. Mari kita gunakan kesempatan baik ini, karena program PMMB ini akan sangat bermanfaat bagi kalian nanti setelah lulus dari UWG. Anda selain mendapatkan sertifikat 5 Kompetensi juga ada sertifikat Magang diperusahaan BUMN tersebut, buruan segera daftarkan diri

Selanjutnya, kata Mas Andris Fajar  bahwa; awalnya kami melamar disebuah perusahaan asing, perusahaan jepang ini, kami terlebih dulu pernah mendengarkan testimoni dari senior kita Alumni UWG (bapak Fakhrudin Asyari, SE.Ak.) yang dapat meraih sukses di perusahaan ternama “Indofood” dan menduduki top manager disana. Dari situ kami termotifasi oleh beliau untuk bisa menunjukkan bahwa kami bisa menjadi seperti beliau.

Untuk bisa dikenal oleh perusahaan penerima kerja (HRD) saat interview, adalah Curriculum Vitae (CV), buatlah CV  anda dengan mulai dari nama lengkap, kemudian cantumkan pengalaman-pengalaman kerja yang terakhir (jangan kebalik). Jadi dalam membuat CV yang pertama ditulis diurutan pengalaman kerja, adalah pengalaman kerja yang terakhir kemudian berturut-turut pengalaman kerja sebelumnya. Alhamdulilah juga saya sewaktu baru lulus pernah bekerja di perusahaan milik bapak Yus (Advocad), dari situ kami mulai belajar sesungguhnya menjadi seorang pegawai. Saya terus mengasah kemampuan / potensi diri untuk bisa sukses. Berbekal dari aktivis kampus (aktif berorganisasi) sewaktu kuliah dulu, kami mulai bagaimana bekerja secara “team work”.

Saya walaupun lulusan Sarajana Hukum, tapi harus bisa menguasai dan mengerti tentang jobs atau pekerjaan yang diberikan kepada kita. Tentu kemampuan managerial, kemampuan komunikasi yang baik, kemampuan memecahkan permasalahan (problem solving) harus bisa kita kuasai. Dari situ pimpinan perusahaan akan memberikan penilaian kepada kita, karena dengan kita memiliki kemampuan memecahkan permasalahan dan mampu memberikan solusi itu hal yang tidak mudah dan tidak semua orang bisa.

Jadi intinya kalian jangan takut salah, tunjukkan segala kemampuan diri anda, dan nanti dengan sendirinya akan muncul. Persaingan tenaga ahli sangat ketat, dan dari sekian banyak orang ahli hanya satu atau beberapa orang yang bisa menjadi yang terbaik (top manager) yang bisa dipercaya oleh sebuah perusahaan, apalagi perusahaan asing. Kepada kalian semua mahasiswa UWG, teruslah kalian eksplor kemampuan diri anda, jangan terpasung satu background pendidikan saja, karena pada prinsipnya nilai IPK akademik hanya menyumbang sedikitnya 20 persen saat interview, dan selanjutnya adalah ketika anda dihadapkan pada semua permasalahan perusahaan dimana anda bekerja. Jika itu bisa anda tunjukkan kepada pimpinan perusahaan anda, maka bukan tidak mungkin anda alumni UWG bisa menjadi sukses dan menjadi top manajer, begitu sedikit yang ditangkap oleh penulis dari pemateri: Andris Fajar Bachtiar, SH. (Jul)

 

Berita Terkait

  • Berbagai hal teknis dan juga prinsipil disampaikan para pemateri pada para relawan pengawas pemilu dalam Sekolah Relawan Pengawas Pemilu yang digelar di Auditorium kampus III Universitas Widyagama Malang (UWG)
  • Infokampus.news -  Untuk kali kedua, pembaretan anggota baru Yon 814 Wisanggeni dilakukan bersamaan dengan puncak acara peringatan Dies Natalis Kampus Inovasi UWG. Kali pertama dilakukan pada 2018 bertempat di halaman kampus ll UWG, dan tahun 2019 ini dilakukan di halaman kampus lll. Dihadapan hampir 1.000 orang peserta Jalan Sehat Kampus Inovasi UWG, untuk pertama kalinya diatas kepala mereka disematkan Baret Ungu kebanggaan para Resimen Mahasiswa oleh Rektor UWG Prof. Dr.…
  • Infokampus.news - Ada yang datang, ada yang pergi. Yang dulu datang membawa harapan, yang sekarang pergi meninggalkan kenangan. Demikianlah dinamika sebuah organisasi. Inipun dialami oleh Kampus Inovasi Universitas Widyagama Malang (UWG). Senin (25/3) Rektor UWG Prof. Dr. Ir. Iwan Nugroho, MS melepas dua orang dosen memasuki masa purna tugas.Mereka adalah Dr. Djoko Imbawani Atmadjaja, SH, MH dosen Fakultas Hukum dan Dr. Ir. Suryansyah, MT Met dosen Fakultas Teknik. Acara seremonial pelepasan…

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
lolos penelitian kemenristekdikti
SEMAKIN DEKAT, WIDYAGAMA PENUHI PERSYARATAN ADMINISTRASI AGAR BISA LOLOS PENELITIAN KEMENRISTEKDIKTI

Infokampus.news, Malang -  Bulan-bulan pembuatan usulan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat pendanaan dari Kemenristek dikti sudah semakin dekat. Diperkirakan proses

Close