Agar Tidak Salah, Simak Pedoman Lengkap Bidikmisi 2017 Ini!

Infokampus.news – Bidikmisi 2017 adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah melalui Kemenristekdikti bagi calon mahasiswa tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik, baik untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi pada program studi unggulan sampai lulus tepat waktu.

Bidikmisi terdiri dari beberapa jalur, diantaranya bidikmisi jalur SNMPTN, bidikmisi SBMPTN, bidikmisi PMDK-PN, bidikmisi UMPN, bidikmisi jalur mandiri PTN, bidikmisi jalur mandiri PTS, bidikmisi UT, dan bidikmisi ISI.

Untuk bisa mendapatkan bidikmisi, Sobat Fokus harus bisa memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh panitia bidikmisi. Sobat Fokus bisa melihat persyaratannya disini.

Tahun ini Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi(Kemenristekdikti) kembali membuka pendaftaran beasiswa bidikmisi tahun ini. Jatah pencairan bantuan meningkat menjadi Rp 650 ribu dari tahun sebelumnya Rp 600 ribu per bulan. Tidak hanya besaran jatah bulanan mahasiswa bidikmisi saja yang meningkat, tetapi kuota mahasiswa bidikmisi juga meningkat 20 persen. Tahun lalu, Kemenristekdikti dibatasi 75 ribu mahasiswa, sedangkan sekarang menjadi 90 ribu mahasiswa. Berikut ini penjelasan lengkap kuota Bidikmisi untuk Mahasiswa Baru 2017/2018.

Kuota Bidikmisi Untuk Mahasiswa Baru 2017/2018

1. Kuota Bidikmisi didistribusikan sesuai urutan prioritas jalur seleksi masuk.

2. Kuota Kopertis ditentukan berdasarkan kesepakatan antara Ditjen Belmawa bersama Kopertis dengan pertimbangan: (1) jumlah program studi yang memenuhi syarat akreditasi; (2) jumlah perguruan tinggi yang memenuhi syarat; (3) tingkat kemiskinan wilayah.

3. Kuota PTS melalui seleksi mandiri ditetapkan oleh Kopertis berdasarkan: (1) jumlah program studi yang memenuhi persyaratan akreditasi, dengan proporsi maksimal 20% dari total mahasiswa baru; (2) Kondisi geografis, karakteristik sosial ekonomi sekitar perguruan tinggi negeri untuk kekhususan wilayah 3T; (3) ketaatan perguruan tinggi terhadap azas pengelolaan yang baik.

4. Kuota untuk PTS termasuk penentuan program studi dilakukan oleh Ditjen Belmawa bersama Kopertis Wilayah dengan kriteria khusus.

Selain informasi diatas Sobat Fokus bisa mengetahui daftar Perguruan Tinggi penyelenggara Bidikmisi 2017/2018 yang telah dibahas pada artikel sebelumnya disini. Agar tidak mengalami kesalahan Sobat Fokus juga dapat mendownload panduan lengkap Bidikmisi 2017/2018 disini. Demikian informasi seputar Bidikmisi 2017/2018 yang dapat infokampus.news sampaikan, Mari bagikan informasi ini kepada teman dan kerabat agar mereka juga bisa memperoleh informasi dengan cepat. Semoga bermanfaat! (FAM) 

 

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SBMPTN CBT Ditingkatkan Jadi 30 Ribu

tahun ini Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) kembali menyelenggarakan pelaksanaan SBMPTN CBT.

Close