Ahmad Ibnu Atho’illah, Mahasiswa UB Pelopor Perubahan Budaya dan Kesenian Di Malang Raya

Infokampus.news, Malang – Sebagai generasi muda, sudah tentu seharusnya dicerminkan sebagai penggerak kemajuan dan perubahan masyarakat sekitar. Apalagi dengan status mahasiswa yang disandang, akan sangat aneh jika diri kita tidak bisa membuat perubahan yang positif di lingkungan masyarakat. Hal tersebutlah yang saat ini sedang digeluti  Ahmad Ibnu Atho’illah sebagai penggerak perubahan di masyarakat.

Mahasiswa Psikologi Universitas Brawijaya (UB) ini memang sudah terkenal rekam jejaknya di dunia kesenian Malang Raya. Berbagai Festival dan kejuaraan musik keroncong tingkat provinsi maupun Nasional sudah ia menangi bersama Komunitas  Keroncong Malang Utara yang mana dirinya diamanahkan sebagai penanggung jawabnya.

“Bersama Keroncong Malang Utara itulah kecintaan saya terhadap musikkeroncong tumbuh dan berkembang. Dan alhamdullilah, banyak yang mengapresiasi dengan banyaknya kami menyabet predikat terbaik di berbagai lomba musik keroncong,” Ungkapnya.

Ibnu bersama Komuniatas Keroncong Malang Utaranya berhasil menyabet gelar juar 1 di berbagai lomba – lomba seperti Lomba Keroncong Remaja JTV, Festival Band Radar Malang, dan Lomba Folksong Pemerintah Kabupaten Malang, bahkan dirinya sempat sepanggung dengan musisi Jazz internasional macam Daniel Sahuleka, Trio lestari dan Tulus di acara Malang Jazz Festival yang diselengarakan tahun lalu. Ini yang membuktikan totalitas dan kecintaan dirinya terhadap musik keroncong.

Berkontribusi Lestarikan Musik Keroncong, Ibnu Digelari Pemuda Pelopor Oleh Pemerintah Kota Malang

Ibnu sendiri tercatat sebagai salah satu pemuda penyandang titel sebagai Pemuda Pelopor Kota Malang pada tahun 2016 lalu. Ibnu dalam penyelenggaraan pemuda pelopor tersebut membawa program “Transfomasi Musik Keroncong dalam Upaya Revitalisasi Jati Diri Masyarakat Indonesia”. Ibnu membawa semangat perubahan yaitu menyuarakan musik keroncong kepada seluruh lapisan masyarakat dengan berbagai aliran musik yang ada yang bertujuan supaya masyarakat dapat menerima dan mencintai budaya asli musik indonesia.

“Disini saya dan teman teman Komuniatas Keroncong Malang Utara memimpikan bahwa budaya keroncong itu bisa dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat. Untuk itu, kami melakukan eksperimen terhadap music keroncong dengan memadupadankannya dengan musik musik lain seperti  jazz, latin, etnik, pop, bosas, swing dan DJ,” Paparnya.

Ibnu beserta Komunitas Keroncong Malang Utara juga memberikan pengajaran secara gratis kepada setiap lapisan masyarakat yang ingin belajar bagaimana bermain musik keroncong. Tujuannya, untuk mempelopori kaum muda supaya tetap mencintai budaya asli Indonesia disaat arus globalisasi dan perkembangan teknologi yang semakin pesat. Selain itu, untuk mengingatkan kembali masyarakat Indonesia terhadap jati diri bangsa melalui budaya asli Indonesia yaitu musik keroncong.

Aktif Dalam Berbagai Kegiatan, Ibnu : Pemuda Memang Harus Bisa Menjadi Agent Of Change

Tidak hanya menjadi pemuda pelopor, Ibnu juga tercatat aktif dalam program program kreativitas mahasiswa lainnya seperti  ikut ambil bagian dalam Ekspedisi Nusantara Jaya 2016 Kemenko Maritim, terpilih sebagai 100 tentor terbaik di Kegiatan Pemuda Mendunia Chapter Malaysia, serta terpilih menjadi Finalis Jawa Timur dalam kegiatan Wirausaha muda Mandiri.

Menurut mahasiswa yang juga pernah diamanahi sebagai Ketua Umum UKM Seni Religi UB ini, Pemuda Khususnya Mahasiswa haruslah aktif dalam mengembangkan diri guna menciptakan kebermanfaatan bagi masyarakat. Dirinya mengharapkan, para mahasiswa agar mau bangkit dan membuat inovasi dan kreativitas agar kemajuan masyarakat dan negara Indonesia bisa terus melaju ke  arah yang lebih baik.

“Sebagai Pemuda apalagi mahasiswa memang sudah seharusnya seperti itu. Karena kitalah agent of change yang bisa membuat perubahan dimasyarakat kearah yang lebih positif,” Tutupnya. (uch)

 

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lowongan Kerja BUMN PT Sucofindo

PT Sucofindo ( Persero ) adalah perusahaan inspeksi pertama di Indonesia. Sebagian besar sahamnya, yaitu 95 persen

Close