Ajak Siswa SMA SMK Berpikir Kritis, ITN Malang Gelar ESCIVE

Infokampus.news, Malang – Hari ini satu sudut kampus ITN Malang ramai digunakan sebagai ajang lomba kuat tekan beton tingkat SMA dan SMK. Kompetisi ESCIVE atau Education of Civil Engineering ini memiliki beberapa kategori perlombaan.

“Kita sendiri agendanya ada 4, 3 lomba satu seminar.” papar Febri Setiawan, ketua pelaksana pada tim infokampus.news.

Saat ditemui tim, para peserta yang terbagi menjadi 4 kelompok dari berbagai sekolah ini tengah melakukan finishing untuk lomba kuat tekan beton tingkat SMA.

“Parameternya, mereka harus bisa membuat beton mutu tinggi tapi murah. Jadi efisien di harga,” tambahnya.

Kompetisi ini bukan kategori lomba yang mudah untuk diikuti para siswa tingkat SMA dan SMK. Untuk itu pihaknya tidak terlalu menuntut banyak.

“Kita tidak terlalu tuntut lebih, hanya ya kuat tekannya berapa dengan harga per MPA berapa.” ujar mahasiswa semester 5 ini.

ITN Malang Gelar Lomba Melihat Peluang Masa Depan

Fungsi dari lomba ini ternyata bukan hanya sekedar kompetisi. Para siswa ini sejak dini diajak untuk berpikir kritis mencari solusi beton yang harus semakin efisien dan murah.

“Karena di Indonesia ini prospeknya bagus banyaknya bangunan dari beton bukan rangka baja seperti di luar negeri, jadi kita ajarkan gimana buat beton mutu tinggi. Karena biasanya mahal jadi diajarkan untuk inovasi kreatif jadi mereka mikir.” ulasnya

Selain acara ini nantinya di tanggal 23 Januari 2018 pihaknya akan mengadakan lomba bagi tingkat Perguruan Tinggi. “Kalau yang ini sudah fix tinggal pelaksanaan technical meeting dan lombanya. Nanti akan ada 37 tim, dari Padang ada makassar ada beberapa universitas ikut semua. Tapi konsepnya beda dengan sekarang lebih ke inovasi bagaimana bikin konsep yang bermutu tinggi tapi ringan.” tutupnya. (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Kerjasama Langsung Dengan Malang Creative Fusion, STMIK-STIE Malang Serius Ingin Lulusan Lebih Dari ‘Siap Pakai’

Hari ini  STMIK-STIE Malang lakukan MoU dengan Malang Creative Fusion (MCF) untuk kembangkan berbagai hal. MoU ini merupakan

Close