Akhirnya 720 Warga Dusun Argomulyo Dapat Air Bersih, Ini Berkat Dosen FT UB !

Infokampus.news, Malang – Tri darma perguruan tinggi, kembali diwujudkan oleh tim pengabdian masyarakat Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FT UB) melalui pembangunan Pompa Hydram (Hidraulic Ram) di Dusun Argomulyo, Desa Gunung Ronggo, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang. Pompa ini berfungsi untuk mengalirkan air bersih dari mata air Sumber Jenon ke warga dusun setempat.

“Pompa hydram yang kita produksi sendiri ini mengalirkan air bersih dari mata air Sumber Jenon ke Dusun Argomulyo II,” kata Runi Asmaranto ketua tim pengmas seperti dikutip Humas UB.

Tim pengmas tersebut terdiri dari Dr. Runi Asmaranti, ST., MT. (Teknik Pengairan), Dr. Eng. Denny Widhiyanuriyawan, ST., MT (Teknik Mesin), dan Dr. Ir. M. Ruslin Anwar, MSi (Teknik Sipil). Dua buah pompa yang dibangun diasumsikan mampu mengakomodasi kebutuhan air bersih untuk 720 warga, sebab pompa dapat mengalirkan air sekitar 30 liter/menit atau sekitar 43.300 liter/hari.

Baca Juga :

Sementara itu teknologi pompa hydram mengandalkan tumbukan mekanik, sebagai solusi atas pompa sentrifugal berbahan solar yang membutuhkan biaya mahal. Adapun yang mengambil air dari sumber menggunakan pompa listrik, beresiko karena kabelnya ini terurai secara tidak teratur di sawah.

“Semoga warga tergugah rasa memiliki dan ikut menjaga dan merawat juga mudah-mudahan dengan dibangunnya pompa hydrant ini ada instansi yang tergugah untuk membantu menyediakan air bersih di Dusun Argomulyo,” pungkasnya.

Penulis : Galuh Pandu Larasati

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tembus 7000 Jurnal, Indonesia Masih Kalah dengan Thailand!

Berbagai cara telah diupayakan Kementrian Riset dan Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) Republik Indonesia untuk mendorong munculnya para peneliti baru....

Close