Alami Kenaikan Angka Pendaftar 13%, Menristekdikti Umumkan 16.666 Siswa Lulus Seleksi PMDK-PN

Infokampus.news – Menteri Riset, Teknologi, dan pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengumumkan 16.666 siswa lulus seleksi Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri (PMDK-PN) dan diterima di 42 politeknik negeri di seluruh Indonesia.

Siswa yang lulus tersebut berasal dari 206.852 siswa yang mendaftar dari 8.421 sekolah asal. Hal tersebut disampaikan Menteri Nasir pada Konferensi Pers Pengumuman Hasil PMDK-PN 2019 di Politeknik Negeri Semarang (16/4/2019).

“Angka pendaftar PMDK-PN naik sebesar 13% dari tahun lalu, yakni dari 183.827 siswa menjadi 206.852 siswa. Hal ini menunjukkan bahwa siswa yang berminat untuk studi lanjut di politeknik naik secara signifikan,” ujar Menristekdikti.

Bahkan di beberapa politeknik, ada kenaikan pendaftar mencapai hampir 30 persen, tambah Menristekdikti seperti dilansir dari rilis resmi Kemenristekdikti.

Pada kesempatan sama, Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ismunandar mengatakan Kemenristekdikti siap menggabungkan seleksi masuk perguruan tinggi negeri baik Universitas, Institut dan Politeknik menjadi satu kesatuan.

“Terkait politeknik kementerian juga sudah meluncurkan Multi Entry Multi Exit (MEME) dalam rangka mendukung politeknik menjadi lebih fleksibel, kebijakan baru ini adalah untuk mendorong dan menunjukan bahwa pengalaman industri sangatlah penting,” ucap Ismunandar.

Menristekdikti menyampaikan nantinya Kemenristekdikti akan mengintegrasikan seleksi masuk politeknik dengan jalur SNMPTN maupun SBMPTN, untuk menjaring mahasiswa yang berkualitas sesuai dari kompetensinya masing-masing.

Menteri Nasir menjelaskan kenaikan animo siswa mendaftar di politeknik menunjukkan baik siswa dan orang tua siswa sudah teredukasi dengan baik tentang politeknik. Politeknik bukan lagi menjadi pilihan kedua, namun menjadi perguruan tinggi pilihan untuk menjadi lulusan terampil dan berkompetensi.

“Diharapkan kita bisa meningkatkan fasilitas yang ada di politeknik. Pemerintah ingin mendorong penyiapan tenaga kerja profesional, apa yang sudah dilakukan di tahun 2018 dan 2017 ternyata mengalami kemajuan yang luar biasa di politeknik yaitu dengan cara mendapatkan sertifikat kompetensi,” tutur Nasir.

Politeknik juga menjaring calon mahasiswa dari kalangan dengan ekonomi terbatas. Kemenristekdikti telah menyiapkan beasiswa Bidikmisi bagi 10.000 calon mahasiswa politeknik yang lolos seleksi melalui jalur PMDK-PN dan UMPN (Ujian Masuk Politeknik Negeri).

Ketua Forum Direktur, Rachmad Imbang Tritjahjono menyampaikan, akses pengumuman hasil PMDK PN 2019 dapat dilihat melalui laman resmi: http://pmdk.politeknik.or.id

“Peserta dapat melihat hasil pengumuman dengan cara memasukan nomor pendaftaran. Akan ada informasi bahwa yang bersangkutan diterima, menjadi cadangan, atau belum lolos,” jelas Imbang.

Ketua Forum Direktur menyampaikan, peserta yang dinyatakan tidak lolos PMDK-PN dapat masuk ke Politeknik Negeri melalui jalur Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN) yang akan dibuka pada tanggal 20 Mei secara serentak di semua politeknik negeri, di luar jalur mandiri yang ditawarkan. (Jul)

Berita Terkait

  • Infokampus.news – Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara atau PKN STAN merupakan sebuah pendidikan tinggi kedinasan di bawah Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan Republik Indonesia, yang menyelenggarakan pendidikan Program Studi Diploma bidang keuangan Negara. Dalam rangka memenuhi formasi pegawai tidak tetap Pollteknik Keuangan Negara STAN tahun Anggaran 2019, Pollteknik Keuangan Negara STAN memberikan eksempatan kepada Warga Negara Indonesia untuk diterima pada posisi sebagai berikut. Petugas Kebersihan, dengan…
  • Infokampus.news -  Keberadaan Politeknik Industri Furnitur di Kawasan Industri Kendal ini salah satunya untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja industri kompeten untuk mendorong peningkatan produktivitas dan menjadikan industri furnitur lebih berdaya saing. Pernyataan berikut disampaikan langsung oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Menteri Pendidikan Tinggi dan Keterampilan Singapura Ong Ye Kung pada saat meresmikan Politeknik Industri Furnitur dan Pengolahan Kayu di Kawasan Industri Kendal, Jawa Tengah, Hari ini. Menurut Airlangga, pasar…
  • Perkembangan politeknik di seluruh Indonesia nampaknya makin menjadi perhatian banyak pihak. Contohnya dalam beberapa tahun terakhir Kemenristekdikti mendapat dana hibah

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
tiga tombol penyelamat
Kamu Perlu Tahu! Iniloh Tiga Tombol Penyelamat pada Keyboard, Apa Saja ya?

Infokampus.news -  Saat sedang menggunakan komputer atau laptop namun tiba-tiba kamu memiliki kendala yakni laptopmu tiba-tiba tidak bisa digerakkan. tenang

Close