Alas Anti Kantuk ‘ALAKANTUK’ Ala Mahasiswa FT UB Ini Buat Perjalanan Lebih Aman!

Infokampus.news, Malang – ALAKANTUK merupakan inovasi alas duduk yang mampu meningkatkan detak jantung manusia melalui getaran buatan 3 mahasiswa FT UB yakni Wahyu Tasry Naufal, Asri Anjasari, dan Prayoga Bintang Primawan. Alat ini dibuat lantaran mereka awalnya cukup prihatin dengan tingginya tingkat kecelakaan di Indonesia karena mengantuk.

“Alat ini kami ciptakan karena tingginya tingkat kecelakaan di Indonesia yang disebabkan karena faktor manusia yaitu mengantuk.” Ujar Tasry.

Menurut mereka, alat ini merupakan alat yang tepat digunakan masyarakat luas terutama supir karena praktis dan juga memiliki daya hidup yang panjang.

“ALAKANTUK bisa digunakan tiga sampai empat jam per hari secara terus-menerus dan memudahkan para pengguna di kondisi yang darurat. Hanya dengan memasang beberapa komponen insyaAllah bisa lebih aman di jalan.” Tambah dia.

ALAKANTUK Ala Mahasiswa FT UB Terinspirasi Dari Alat Sensor Detak Jantung

Saat berbincang lebih jauh, ternyata mereka menyebutkan prinsip kerja alat ini terinspirasi dari sensor detak jantung yang terpasang di pergelangan tangan.

“Prinsip kerja ALAKANTUK berawal dari sensor detak jantung yang terpasang di pergelangan tangan. Ketika detak jantuk terbaca dibawah angka normal, maka alas duduk bisa menciptakan getaran yang memicu detak jantung kembali meningkat.” Tutur dia.

Alat yang bisa digunakan ketika berkendara tersebut ternyata juga bisa meningkatkan fokus belajar mahasiswa. Terdiri dari beberapa komponen yaitu alas duduk yang didalamnya terdapat komponen elektronik berupa penggetar. Sementara di lain komponen yaitu, pada gelang terdapat sensor detak jantung.

“Ketika bergetar maka detak jantung meningkat, aliran darah juga meningkat sehingga jadi lebih fokus dalam berkendara. Selain itu, jika mengantuk pada saat kuliah dengan getaran tersebut bisa lebih berkonsentrasi dalam menerima pelajaran dari dosen,”kata Prayoga.

Alat yang sedang dalam proses pengajuan paten ini mereka harapkan mampu diterima masyarakat luas. Mereka sangat yakin, karena dari survey yang mereka lakukan terhadap teman-teman mereka sendiri alat ini membawa manfaat yang luar biasa. (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ITN Buka Pendaftaran Online , Kamu Sudah Daftar?

Resmi dilaunching 15 Juni 2017 silam, Institut Teknologi Nasional atau ITN buka pendaftaran online yang bisa diakses melalui situs resmi

Close