Ternyata 3 Alasan Ini Sebabkan LTMPT Tutup UTBK Sementara Waktu

Infokampus.news – Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) memberhentikan pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) SBMPTN 2019 untuk sementara. Pendaftaran tersebut ditutup sementara mulai akhir pekan ini dan akan dibuka kembali Senin pagi, 4 Maret 2019, setelah sempat dibuka Jumat, 1 Maret 2019 lalu.

Berdasarkan evaluasi pendaftaran UTBK yang dibuka sejak 1 Maret hingga 2 Maret 2019 pukul 12.00 WIB, ternyata ditemui beberapa kendala.

Pertama, terkait nomor induk sekolah dan siswa.

“Kami ingin mengintegrasikan data itu yang ada di pendaftaran SNMPTN dengan SBMPTN sekarang ini,” kata Ketua LTMPT Ravik Karsidi (3/3/2019).

Kedua, terkait sistem pembayaran host to host (H2H) ke bank mitra LTMPT. Dalam penyelenggaraan SBMPTN 2019, LTMPT bekerja sama dengan Bank Mandiri, BTN, dan BNI. Namun sejauh ini, masih ditemukan koordinasi yang kurang bagus. “Sehingga ada persoalan anak-anak yang belum membayar sudah bisa cetak kartu,” ujar Ravik.

Menurut uraian Ravik, total pendaftar yang sudah mendapat kartu ujian tapi belum membayar yakni sejumlah 12 ribuan orang termasuk peserta jalur Bidikmisi yang digratiskan pembayaran ujiannya. Biaya ujian itu sendiri dipatok sebesar Rp 200 ribu per orang. Untuk mengatasi masalah tersebut, panitia meminta peserta yang telah mendapat kartu namun belum membayar untuk masuk (login) kembali untuk menyelesaikan pembayaran.

Ketiga, faktor penutupan sementara UTBK ini adalah overload di pihak server pihak penyelenggara.

“Kemarin puncaknya dalam satu jam ada 96 ribu lebih yang daftar bareng,” kata Ravik. Ravik mengungkapkan, sejak hari pertama dibuka, calon peserta ramai-ramai segera mendaftar. “Tapi kemudian sistem kita tidak kuat menahan. Kami mohon bersabar sementara besok pagi dibuka,” ujarnya.

Sebelumnya saat pendaftaran SNMPTN, serbuan pendaftar menjelang hari penutupan juga membuat server panitia kewalahan. Proses menjadi lambat hingga peserta kesulitan mengakses laman pendaftaran. Panitia akhirnya memperpanjang waktu pendaftaran dan menambah jumlah komputer untuk server. (him)

Berita Terkait

  • Infokampus.news - Pendaftaran UTBK SBMPTN 2019 (Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) sementara ditutup oleh pihak penyelenggara, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Wakil Ketua LTMPT, Joni Hermana menerangkan bahwa penutupan UTBK sementara dilakukan karena beberapa kendala yang telah disampaikan melalui surat pengumuman. "Penutupan dilakukan sampai besok (Senin, 4 Maret 2019) pukul 08.00," ujar Joni. Berdasarkan surat pengumuman nomor 05/Peng.LTMPT/2019 yang dikeluarkan pada 2 Maret 2019,…
  • Infokampus.news - Lembaga tes masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) memberikan perpanjangan masa pendaftaran dan finasilasi Seleksi Nasional Masuk perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) hingga 16 Februari 2019. Ravik mengatakan, hal tersebut dilakukan karena belum semua siswa sekolah yang eligible sebagai peserta SNMPTN 2019 melakukan pendaftaran dan finalisasi. LTMPT juga mengimbau kepada seluruh siswa yang belum melakukan pendaftaran dan finalisasi agar menggunakan masa perpanjangan tersebut sebaik mungkin. "Kesempatan ini harap digunakan sebaik-baiknya karena tidak akan ada…
  • Infokampus.news -Seperti yang telah diinformasikan di laman resmi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) terkait Pangkalan Data Siswa dan Sekolah (PDSS), jadwal pengisian dan verifikasi PDSS SNMPTN 2019 oleh kepala sekolah atau perwakilannya tengah berjalan dan akan segera berakhir pada 25 Januari 2019 mendatang. Meskipun tenggat pengisian dan verifikasi PDSS SNMPTN 2019 akan berakhir dalam 3 hari, hingga 18 Januari 2019 lalu tercatat oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dari total pendaftar…

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
peserta gugur
Terkendala Teknis, LTMPT Lakukan Penutupan UTBK Sementara

Infokampus.news - Pendaftaran UTBK SBMPTN 2019 (Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) sementara ditutup oleh pihak

Close