Alat Buatan Mahasiswa ITN Ini Bisa ‘Ramal Kebutuhan’ Industri Paling Akurat Lho!

Infokampus.news, Malang – ‘Alat ramal’ bahan baku kebutuhan Industri, merupakan alat yang digagas oleh salah satu alumni ITN, Teguh Adi Irawan pria asal Bontang, Kalimantan. Alatnya ini merupakan sebuah sistem database yang digunakan untuk mem-back-up data dari bahan baku yang ada di pabrik, yang sudah dipergunakan maupun yang butuh untuk ditambah jumlahnya.

Menurutnya, sistem ini sangat diperlukan setiap Usaha Kecil Menengah yang ada di Indonesia, karena seringnya terjadi kesalahpahaman dalam ketersediaan bahan baku. Sehingga saat waktu belanja tiba, sering terjadi overload bahan baku padahal bahan baku yang belum terpakai masih sangat banyak.

“Saya melakukan penelitian masalahnya di salah satu UKM kripik pisang di Singosari, Malang.” Papar Teguh pada tim infokampus.news

Bahan Baku Jebutuhan Industri Menumpuk, Rawan Kadaluwarsa Bisa Berujung Rugi

Mahasiswa yang juga pernah mewaliki ITN dalam ajang Olimpiade ini mengaku memilih tempat penelitian di UKM yang tidak terlalu besar di Malang Raya karena ingin mencari permasalahan yang paling unik untuk dirinya agar bisa mencari solusi yang paling jitu.

“Kemarin ditawari di pabrik besar di Pandaan, tapi saya tolak karena ingin benar-benar mencari permasalahan yang nyata gitu. Kalau di pabrik besar kan paling masalahnya apa tidak banyak dan besar, kalau di UKM kan banyak yang harus dibantu.” Ungkapnya saat ditemui wartawan.

Ia berharap dengan penelitiannya ini UKM yang berhubungan langsung dengannya bisa memanfaatkan sistem yang dibuatnya ini. Tidak hanya salah satu UKM kripik pisang di Singosari ini saja, namun juga UKM lain yang ada di Indonesia.

Ia yakin dengan prediksi bahan baku yang tepat, pemborosan dan overload bahan baku bisa ditekan. Karena tidak menutup kemungkinan akan banyak bahan yang kadaluwarsa yang terbuang sia-sia karena terjadi penumpukan ini. (Pus)

Leave a Reply

Your email address will not be published.