Aliansi EM dan BEM Fakultas UB Gelar Aksi UB Peduli Kendeng DI CFD Ijen

Infokampus.news, Malang – Puluhan Mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) yang tergabung dalam Aliansi Eksekutif Mahasiswa (EM) UB dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Se-UB menggelar aksi UB peduli Kendeng di Kawasan Car Free Day (CFD) Ijen, Kota Malang, Minggu (26/3). Aksi ini diwarnai orasi dan penggalangan dana terkait permasalahan petani di Kendeng. kegiatan yang sejak pukul 05.30 – 09.00 ini pun menarik banyak perhatian dari masyarakat yang sedang menikamati suasana CFD di Ijen.

Aksi ini digelar di awali dengan adanya Longmarch disepanjang kawasan CFD Ijen. selain longmarch dan penggalangan dana, Aksi ini juga di warnai dengan aksi teaterikal yang diperagakan oleh masa aksi ini. Menurut Koordinator aksi Kali ini, Muhammad Wafiq, aksi ini degelar sebagai bentuk solidaritas Mahasiswa UB terhadap petani di Kendeng.

“Aksi ini merupakan bentuk solidaritas kami terhadap petani di Kendeng yang hak-hak hidupnya dirampas oleh kebijakan pembanguna  semen di Kendeng. Ini bnetuk dukungan kami terhadap petani di Kendeng,” Paparnya.

Massa Aksi UB Peduli Kendeng Akan Salurkan Hasil Penggalangan Dana Ke Petani Kendeng

Untuk penggalangan dana sendiri diakui Wafiq kan terus dilakukan oleh massa aksi sampai pada tanggal 31 maret 2017. nantinya pemusatan penggalanga dana akan dilakukan di UB dengan mangambil titik-titik kampus sebagai pusat pengumpulan dana.

“Untuk titik-titik penggalangan dana akan di fokuskan di pusat kegiatan mahasiswa seperti di perpus dan sebagainya. di faultas nanti juga kami akan berkoordinasi dengan BEM fakultas untuk ada pos penggalang dana di tiap fakultas,” Paparnya.

Nantinya dana yang terkumpul akan disalurkan ke petani Kendeng melalui Asosiasi Malang Peduli Kendeng. Aksi ini juga diakui Wafiq sebagai bukti bahwa mahasiswa tidak sekedar berteriak-teriak namun memberikan kontribusinya.

Adapun tuntutan yang disampaikan oleh massa aksi adalah :

  1. Mendesak Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, untuk mematuhi putusan MA Nomor 99 PK/TUN/2016.
  2. Menuntut pemerintah untuk menginstruksikan pemberhentian seluruh aktivitas pertambangan di pegunungan Kendeng.
  3. mendesak Negara untuk melindungi masyarakat hukum adat, hak rayat atas tanah adat dan segala kekhususannya yang berkaitan dengan warisan lokal Indonesia.
  4. Serta menuntut negara hadir dalam menyelesaikan polemik pendirian pabrik semen di Kendeng dan mewujudkan tanggung jawab negara atas pemenuhan hak warga negara untuk mendapatkan lingkungan hidup yang baik. (uch)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Puluhan Mahasiswa UB Serukan Aksi Peduli Kendeng

Infokampus.news, Malang - Aksi Peduli Kendeng ini terkait keprihatinan mereka terhadap kondisi pentani di Kendeng saat ini.

Close