Alumni UIN Malang Pimpin Masjid Kostroma Rusia

Infokampus.news – Imam masjid Kostroma, Rusia, Fabriz Nurutdinov, warga negara asli Rusia, ternyata alumnus Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Malang). Di Indonesia, Fabriz mengambil kuliah S2 jurusan Tarbiyah dan lulus pada tahun 2012 lalu sebelum pulang kembali ke negerinya.

Tak hanya itu, istri Imam Fabriz ternyata adalah seorang WNI asal Lamongan. Selain sebagai Imam, dia juga menjabat sebagai Direktur Organisasi Pengembangan Kebudayaan Islam Kostroma.

Kostroma adalah sebuah kota berpenduduk sekitar 300 ribu orang, sekitar 340 km sebelah utara Moskow. Kota itu memang baru saja menyelesaikan pembangunan sebuah masjid yang sangat megah.

Masjid baru tersebut merupakan satu-satunya tempat ibadah umat Islam di Kostroma. Indonesia yang diwakili Koordinator Fungsi Pensosbud KBRI Moskow, Darmawan Suparno, menghadiri peresmian pembukaan masjid tersebut sebagai perwakilan Dubes RI untuk Federasi Rusia, M. Wahid Supriyadi.

Ketua Dewan Mufti Rusia secara khusus menyampaikan penghargaan dan terima kasih atas kehadiran Indonesia serta mengatakan akan terus berupaya meningkatkan hubungan baik RI-Rusia di bidang agama.

Masjid Kostroma, Satu Dari 8000 Masjid Rusia

Bangunan masjid Kostroma ini memiliki tiga lantai dengan kubah, serta dapat menampung kapasitas sekitar 1000 orang. Interior dinding masjid dihiasi dengan ornamen warna ceriah khas masjid, lampu, dan karpet. Bangunan masjid memiliki madrasah untuk dewasa dan anak.

Proses pembangunan masjid ini sebetulnya telah dimulai sejak tahun 2004, namun sempat terhenti. Pada tahun 2012 baru terdapat komitmen kesepakatan untuk penyelesaian pembangunan setelah Ketua Dewan Mufti Rusia bertemu dengan Gubernur Kostroma.

Saat ini terdapat sekitar 8000 bangunan masjid di Rusia dan terdapat 20-25 juta penduduk Rusia yang beragama Islam. Pada umumnya mayoritas penganut Islam di Rusia berasal dari suku Tatar, yaitu masyarakat dari Asia Barat dan Tengah, keturunanTurki (Eurasia), Azerbaijan, Kazakhstan, Kyrgztan, Uzbekistan, dan lainnya. (ART)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AKFAR PIM DIII Farmasi Satu-Satunya Di Kota Malang

Akademi Farmasi Putra Indonesia Malang atau AKFAR PIM merupakan kampus penyelenggara DIII Farmasi yang pertama di Jawa Timur

Close