Mengenal Ananda Hafidh Rifai, Peraih Nilai UN Sempurna yang Diterima di Kampus Impian

Infokampus.news – Keberuntungan tengah menghampiri siswa asal Solo. Pemilik nama lengkap Ananda Hafidh Rifai ini meraih nilai sempurna pada Ujian Nasional (UN) setelah berhasil menembus Universitas Gadjah Mada (UGM) melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

“Saya sudah lolos Masuk Perguruan Tinggi Negeri di Universitas Gadjah Mada (UGM),” katanya dilansir dari Tribunsolo.com, Selasa (14/5/2019) siang.

Siswa kelas XII Jurusan IPA 6 SMAN 4 Solo kini telah resmi lulus dengan mendapat nilai 100 di masing-masing mata pelajaran UN 2019 yang berjumlah 4 (empat) mata pelajaran, sehingga total nilai akhirnya sempurna yakni 400.

Maka tak heran pula jika dirinya dengan mudah dapat masuk ke PTN impiannya tersebut. Meskipun SNMPTN tidak berdasarkan hasil UN, namun hal ini merupakan sebuah bukti bahwa Hafidh, demikian sapaan akrabnya, adalah siswa yang berprestasi di bidang akademik.

“Saya tes itu di sekitar tanggal 4-14 Februari 2019,” katanya. Dia melanjutkan, “Lalu mendapat pengumuman diterima itu 23 Maret 2019.”

Hafidh mengaku lega dan setengah tidak percaya setelah menerima pengumuman nilai hasil UN.

Baca Juga :  Daftar 5 PTN dengan Minat Terbanyak SBMPTN tahun 2019

Siswa yang cukup pendiam tersebut mengaku bahwa selama ini untuk belajar dirinya tidak terlalu ngoyo.

“Soalnya kalau ngoyo jadi tidak bagus hasilnya, jadi belajarnya biasa aja, kalau ada yang tidak tahu selain tanya guru ya saya biasanya baca-baca di internet,” katanya.

Nilai 100 untuk masing-masing empat mata pelajaran itu hasil yang sangat istimewa. Pasalnya, UN tahun ini menggunakan soal-soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) yang dianggap sulit bagi sebagian besar siswa.

Karena adanya HOTS itu pula Hafidh mulanya tak berani memasang target terlalu tinggi.

“Ya biasa saja tapi nggak berpikir bisa sampai 100,” katanya.

Oleh karena itu, Hafidh pun terkejut saat hasil UN diumumkan dan dirinya mendapat nilai 100, tak hanya untuk satu mata pelajaran tapi empat.

Terlahir dari keluarga yang kurang mampu, tak membuat semangat siswa penghobi Astrofotografi ini meredup. Tentu ini adalah buah yang manis dari hasil perjuangan dan semangatnya menuntut ilmu jauh-jauh ke SMAN 4 Surakarta hingga harus naik bus karena rumahnya berada di Desa Wirogunan, RT 02 RW 03 Kecamatan, Kartasura Sukoharjo. (him)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *