Angin Segar, Aktor Reza Rahardian jadi Dosen Vokasi Komunikasi UI

Infokampus.news – Siapa tak kenal Reza Rahardian, aktor terbaik Asia Pasific Film Festival 2017 dan juga peraih empat piala citra selama kariernya di dunia perfilman pada 2016 dalam film my Stupid Boss, saat ini menjadi salah seorang pengajar kelas praktik dan laboratorium Program Studi Vokasi Komunikasi Universitas Indonesia pada Semester Gasal 2018-2019.

Reza bersama dengan praktisi dari berbagai profesi di industri komunikasi, hadir sebagai pengajar selama satu semester penuh. Sebut saja Anis iLLahi, Asep Sutresna, Bernaldi Pamuntjak, Chandra Novriadi, Hanny Nurahmawati, Harry Tanjung, Indra Jaya Sihombing, Muslikhin, Rahmat Edi Irawan (REI), Wida Septarini Wijayanti dan sederet nama-nama pelaku industri lainnya.

Reza Rahardian, Fadhil Patra, Ngurah Rangga Wisesda, Devue Rahmawati, dan Amelita Lusia bersama-sama menjadi pengajar teori dan praktik pada mata kuliah olah suara dan teknik penyajian. Mata kuliah ini dirancnag untuk mempersiapkan mahasiswa memiliki kemampuan identifikasi serta praktik olah suara dan teknik penyajian diri di berbagai platform media. Reza akan mengajar dari September hingga Desember 2018.

Reza bersama tim, akan membimbing para amahsiswa selama 4 hingga 6 jam di setiap pertemuan. Mekanisme pengajaran ini di ciptakan untuk memastikan peserta didik dapat langsung mempraktikkan pengetahuan yang diperolehm dibawah bimbingan para ahli. Di dalam kurikulum 2016, mahasiswa program Vokasi tidak diperkenankan untuk memiliki beban pekerjaan rumah (PR), karena seluruh praktik dilakukan di Laboratorium setinggi enam lantai.

“Kehadiran Reza dan para praktisi sebagai tenaga pengajar dimaksudkan untuk mewujudkan misi Pendidikan Vokasi yaitu menghasilkan sumber daya manusia yang memenuhi kebutuhan industri serta mampu bersaing dengan sumber daya manusia asing. Program Vokasi menyadari bahwa semenjak Asean Economic Community (AEC) 2015, Indonesia telah mengahadi “Free Flows of Goods and Services” termasuk “Free Flow of Professionals and Skilled Labors,” tidak terkecuali dunia industri komunikasi dan kreatif”, Ungkap Dr. Devie Rachmawati, CPR, Ketua Program Studi Vokasi Komunikasi UI.

Praktik pengajaran yang dilakukan oleh Reza Rahardian ini lazim dilakukan di Negara-Negara Maju, sederet artis di dunia yang diantaranya peraih Oscar seperti Angelina Jolir, Alec Baldwin, James Franco, Kevin Spacey, Matthew Mcconaughey, Oprah Winfrey, Tyra Banks, juga telah mengabadikan sebagian waktunya untuk mengajar di berbagai kampus pendidikan tinggi serta program Vokasi di Amerika Serikat dan Eropa. (Jul)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
sebar hoax di media sosial
Dosen Komunikasi Politik UB: Sebar Hoax di media sosial, ibarat Jemput Ajal Dengan Cepat!

Infokampus.news – Fenomena yang sedang viral beberapa hari ini di tengah perpolitikan Indonesia tengah menjadi sorotan publik. Alih-alih kebohongan informasi

Close