Angkat Tema Bonus Demografi, PKKMB UM 2019 Tanamkan Karakter Bela Negara

Infokampus.news– Hari ini, 13 Agustus 2019, di usia 65 tahun, Universitas Negeri Malang (UM) resmi membuka salah satu agenda tahunan yakni Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) untuk angkatan 2019-2020 di gedung Graha Cakrawala.

Pada kegiatan PKKMB ini siswa baru akan diperkenalkan sebagai seorang mahasiswa, yaitu maha atas kesiswaannya. Kegiatan yang berlangsung selama 6 hari ini melibatkan kurang lebih sekitar 6.800 mahasiswa baru dari 8 fakultas. Adapun fakultas-fakultas tersebut adalah Fakultas Sastra, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Teknik, Fakultas Pendidikan, Fakultas Ekonomi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Fakultas Ilmu Soial  dan Fakultas Ilmu Keolahragaan.

Acara di hari pertama diisi dengan serangkaian pemberian materi tentang pengenalan kehidupan berbangsa dan bernegara, pendidikan anti korupsi, kehumasan UM, bela negara dan penanggulangan radikalisme, kemudian yang terakhir ada pembinaan keagamaan.

Tak jauh berbeda dengan PKKMB tahun kemarin, PKKMB tahun ini juga berusaha memberikan semangat para generasi muda untuk membangun bangsa dan ikut andil dalam bela negara. Namun memang pada tahun ini lebih dikerucutkan lagi menjadi bela negara dalam persoalan “Bonus Demografi”. Dalam hal ini ditujukan untuk memberikan pandangan kepada mahasiswa baru mengenai bagaimana kemudian seorang mahasiswa harus mampu merubah wajah Indonesia di tahun 2045.

Baca Juga :  UM Cetak Prestasi Gemilang di MTQMN ke-16

“Mahasiswa dituntut peka pada lingkungannya. Nah, disini adik-adik diajarin bagaimana kemudian adik-adik harus tanggung jawab kepada dirinya sendiri.” Jelas Cholilulloh Irawan selaku ketua pelaksana PKKMB 2019.

Khusus hari Kamis dan Jumat, kegiatan PKKMB akan dilaksanakan di fakultas masing-masing dimana pada kegiatan ini diisi dengan pemberian materi kefakultasan. Untuk hari sabtu yang memang bertepatan dengan hari Kemerdekaan Indonesia, para mahasiswa baru ini diagendakan akan mengikuti serangkaian upacara bendera yang  dilaksanakan di Lapangan Graha Cakrawala. Di hari terakhir, rencananya mahasiswa baru akan diperkenalkan dan diberikan sosialisasi mengenai Program DPM, Program BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa), dilanjutkan dengan unjuk keterampilan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan yang terakhir serangkaian PKKMB UM tahun 2019 akan ditutup dengan upacara penutupan.

“Jadi hari ini adalah hari H pkkmb um 2019. PKKMB atau ospek ini berbeda dari MPLS pas SMA. Acaranya ada di Gracak yang luas banget dan itu semua penuh. Gak nyangka jadi bagian mereka. Semangat banget dengan pembukaan hari pertama ini. Kita diberikan materi-materi kenegaraan sampai keagamaan. Mau ngucapin terimakasih untuk panitia pkkmb yang sudah lembur menyiapkan ini dan pastinya gak sabar buat hari selanjutnya.” Kesan Titah Indit Pakarti, salah satu mahasiswa baru Fakultas Ilmu Sosial. (Sil)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *