Angkat Tema Save Meratus End Coal, Beginiloh Mahasiswa Banjarmasin Peringati Hari Bumi

Infokampus.news –  Memperingati Hari Bumi yang jatuh pada tanggal 22 April, kemarin siang sejumlah mahasiswa gabungan kota Banjarmasin menggelar aksi long march. Berjarak sekitar lima kilometer, para mahasiswa bergerak dari Kampus UIN Antasari Kecamatan Banjarmasin Timur, dan berakhir di bundaran Hotel A, Jalan Lambung Mangkurat Kecamatan Banjarmasin Tengah.

Tidak hanya melaksanakan long march, sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Lingkar Studi Ilmu Sosial Kerakyatan (LSISK) itu juga menggelar orasinya di tengah bundaran Hotel A. Dari orasi tersebut, mereka mengangkat tema Save Meratus End Coal, atau yang berarti lindungi Meratus dan hentikan pertambangan.

Orasi pun dilakukan secara bergantian dari beberapa mahasiswa. Berlangsung di tengah kota, aksi tersebut pun mendapatkan pengawasan ketat oleh sejumlah anggota Kepolisian Resort Kota Banjarmasin. Sementara Kordinator Lapangan (Korlap) Aksi Hari Bumi, Fahrianor mengungkapkan peringatan Hari Bumi sendiri telah dilaksanakan sejak 1970 hingga sekarang.

Ia berharap dengan mengangkat tema isu lokal atau Save Meratus, pemerintah bisa membatalkan izin rencana pertambangan di Pegunungan Meratus. Menurut mereka Meratus kini tengah terancam. Sehingga sudah seharusnya pemerintah bisa mengakui kelola tanah adat di Meratus serta mendirikan sekolah pengadilan pertambangan yang peduli lingkungan hidup.

Baca Juga :  UMM Gelar Shalat Ghaib untuk B.J. Habibie

Sedangkan Ketua LSISK, Abdul Hakim, mengatakan meski kini pemerintah pusat belum mencabut izin atas rencana pertambangan di kawasan Meratus. Namun perjuangan dalam melawan itu, pihaknya takkan berhenti. (Jul)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *