Animasi Indonesia Ternyata Tidak Kalah Dengan Negara Maju!

Infokampus.news, Malang – Staff ahli Menristekdikti Dr. Ir. Agus Puji Prasetyono, M.Eng saat ditemui di Universitas Kanjuruhan Malang (UNIKAMA), memaparkan dalam MEA yang tengah Indonesia hadapi saat ini negara kita tidak benar-benar jatuh seperti yang dibayangkan banyak orang. Dalam beberapa hal Indonesia mampu bersaing, bahkan dengan negara-negara maju.

“Dalam beberapa hal kita lebih tinggi, seperti produk kreatifitas, lalu animasi kita punya beberapa pusat animasi di Indonesia yang cukup besar. Tidak semua aspek kita kalah,” paparnya.

Ia mengungkapkan saat ini pekerjaan terbesar pemegang bidang tersebut adalah upaya untuk memenangkan produk itu sendiri di pasar internasional.

“Bagaimana kita menangkan produk ini bisa dengan tarif dan non tarif.” paparnya ditemui beberapa waktu lalu.

Menangkan Segi Tarif dari Cina

Ia mengatakan salah satu upaya untuk memenangkan pasar adalah menurunkan biaya produksi, karena saingan terberat untuk memenangkan murahnya harga pasaran adalah negara Cina.

“Bagaimana agar lebih murah? Karena saingan kita Cina, dimana mereka bikin produk massal dan hak paten kadaluarsa dari eropa dan asia, sama mereka dibeli.” terangnya.

Prasetyono mengatakan Indonesia semestinya juga melakukan hal serupa, yaitu membeli hak paten yang sudah kadaluarsa untuk membuat sebuah produk kembali secara massal.

“Kita juga harus gitu, paten yang kadaluarsa harus kita pakai lagi, jadi kita bisa kalahkan mereka bikin produk massal yang murah yang berkualitas,” tambahnya. (Pus)

Leave a Reply

Your email address will not be published.