Apa Saja Syarat Mendaftar Beasiswa LPDP?

Infokampus.news – Beasiswa LPDP adalah beasiswa yang menawarkan kesempatan studi secara gratis mulai dari awal keberangkatan hingga hari kelulusan mahasiswa yang mendapatkannya. Tak ayal, LPDP kini menjadi salah satu beasiswa yang paling diburu oleh para pemburu beasiswa.

Mungkin beberapa orang masih bingung tentang apa saja persyaratan untuk mendaftar beasiswa ini. Dengan begitu akan kami bahas sedikit tentang persyaratan inti beasiswa ini.

Yang pertama adalah Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,0 dari jenjang studi yang sebelumnya telah ditempuh untuk program magister dan 3,25 untuk program doctoral. Syarat IPK minimal ini diukur dengan skala maksimal 4,0.

Yang kedua adalah memiliki nilai TOEFL minimal 500 yang dapat ditunjukkan dengan dokumen resmi sebagai bukti penguasaan Bahasa Inggris. Untuk para mahasiswa yang dulunya tidak menempuh ujian TOEFL melainkan menempuh ujian TOEIC, dapat pula menyertakan dokumen hasil ujian TOEIC dengan syarat nilai minimal sebesar 800.

Persyaratan Menulis Essay

Yang ketiga dan yang paling terkenal dari persyaratan pendaftaran beasiswa ini adalah menulis essay. Ada dua macam essay yang harus ditulis oleh para pendaftar dengan setiap essay masing-masing berisi 500-700 kata.

Ada dua tema yang harus dibuat essay, yang pertama adalah “Kontribusiku Bagi Indonesia: kontribusi yang telah, sedang dan akan saya lakukan untuk masyarakat/ lembaga/instansi/profesi komunitas saya”. Dalam essay ini para pendaftar diharuskan untuk menjelaskan pandangan mereka tentang potensi diri mereka dan seberapa besar mereka dapat mengembangkan potensi itu.

Yang kedua, tema yang harus dibuat essay adalah “Sukses Terbesar dalam Hidupku”. Dalam essay ini para pelamar harus bisa menjelaskan tentang bagaimana mereka menilai sebuah kesuksesan dalam hidup mereka.  Essay itu nanti akan dinilai oleh para penyeleksi dan menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan siapa saja pelamar yang lolos seleksi.

Selain beberapa persyaratan di atas, masih ada beberapa persyaratan lain yang harus ditempuh oleh para calon pendaftar. Untuk persyaratan lengkapnya, silahkan mengunjungi artikel kami yang lain di https://infokampus.news/beasiswa-s2-beasiswa-s3-lpdp-2017/ (Art)

Berita Terkait

  • Beberapa contoh universitas bergengsi di luar negeri yang dapat ditempuh lewat beasiswa LPDP adalah University of Oxford dan The University of Tokyo atau yang dikenal sebagai Todai.
  • Berikut adalah cakupan tunjangan yang dapat diterima oleh para penerima beasiswa LPDP:
  • Sebaiknya para calon pendaftar yang belum mendaftar melakukan gerak cepat dalam minggu ini Karena pendaftaran LPDP 2017 akan ditutup pada tanggal 3 April 2017 atau hari senin depan.

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pendaftaran LPDP 2017 Terakhir Minggu Ini!

Sebaiknya para calon pendaftar yang belum mendaftar melakukan gerak cepat dalam minggu ini Karena pendaftaran LPDP 2017 akan ditutup pada...

Close