Aplikasi ‘Discover’ Bantu Kaum Difabel Beraktivitas

Infokampus.news – Saat ini menjalani aktivitas sehari-hari jadi semakin mudah dengan adanya teknologi. Meski begitu, inovasi-inovasi yang dihasilkan terkadang kurang memperhatikan kebutuhan kaum difabel.

Kondisi tersebut mendorong tiga mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) yang terdiri atas Andreas Gandhi Hendra Pratama, Ricky Julianjatsono, dan Fajri Nurwanto menciptakan aplikasi ‘Discover’. Berbeda dari aplikasi biasa, Discover bertujuan memudahkan difabel dalam beraktivitas, khususnya saat memakai layanan publik.

Baca Juga:

“Discover ini merupakan platform berbasis android yang dapat memetakan dan meningkatkan layanan publik bagi difabel dengan pengumpulan data berbasis massa,” tutur Andreas dinukil dari laman UGM, Senin (7/11/2016).

Melalui aplikasi ini, kaum difabel dapat mengetahui tempat, layanan, serta fasilitas publik dengan memanfaatkan informasi pemetaan yang ditampilkan. Mahasiswa jurusan Teknologi Informasi ini menjelaskan, dalam pengumpulan data publik aplikasi akan menggunakan metode crowdsourcing, yakni melibatkan partisipasi publik secara luas.

“Selain itu, juga memanfaatkan analisis big data. Aplikasi ini diharapkan bisa ikut membantu mengatasi persoalan bangsa terutama dalam mewujudkan kota yang berkelanjutan dan inklusif bagi semuanya,” tuturnya.

Saat ini, lanjut dia, Discover masih dalam tahap pengembangan. Rencananya, aplikasi sendiri akan dirilis pada pertengahan 2017 mendatang.

Berkat inovasi itu, ketiganya mampu meraih juara pertama dalam kompetisi Ideation Challenge Asia-Pacific 2016. Ke depan Andreas pun mengajak masyarakat yang memiliki kepedulian terhadap para difabel untuk ikut bergabung bersama dalam upaya mewujudkan kota yang ramah dan layak bagi masyarakat berkebutuhan khusus.

“Terima kasih atas dukungan dan doa dari semua pihak, akhirnya kami bisa meraih juara yang membanggakan nama UGM dan Indonesia,” pungkasnya. (FAM)

 

Sumber: Tempo

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ini Resep Awet Muda Paling Ampuh dari Sari Buah Kesemek!

Infokampus.news - Kreativitas sembari meneliti terus dilakukan oleh para mahasiswa. Hal itu seperti diterapkan oleh Rhezaldian Eka Darmawan dan Surya Diki

Close